Posted by : M ULUL AZMI UMAM Sunday 5 May 2013



Garuda Indonesia pertama kali mengudara pada tahun 1949 dengan Dakota DC-3. Pada akhir tahun 1950, Garuda telah memiliki 38 pesawat terbang 22 DC3s, delapan pesawat laut Catalina dan delapan Convair 240s. Pada tahun 1953, armada kami berkembang menjadi 46 buah dengan tambahan delapan Convair 340s, dan di tahun 1954 empat belas De Havilland Herons pun ditambahkan. Pesawat amfibi Catalina dicabut dari pengoperasian pada tahun 1955.

Garuda Indonesia mulai melayani penumpang ke Bali pada tahun 1951 dengan menggunakan Douglas Dakota DC-3. Di tahun 1969 Garuda meresmikan penerbangan Denpasar-Sidney dengan menggunakan pesawat terbang Douglas DC-8. Selama bertahun-tahun, Bali secara konsisten telah dinobatkan sebagai “Pulau Terbaik di Dunia”, dan Garudamemainkan peran penting dalam mengembangkan Bali sebagai tujuan turis internasional. 


Pada Konferensi Asia Afrika bersejarah yang diadakan di Bandung, Jawa Barat 19 April 1955, Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan resmi, dan menerbangkan delegasi dari 29 negara, termasuk Kepala Negara, ke Bandara Kemayoran, Jakarta Utara, sebelum melakukan perjalanan ke Bandung. Pada perayaan ulang tahun ke-50 Konferensi Asia Afrika,April 2005, Garuda Indonesia kembali menjadi maskapai resmi, yang menerbangkan 75 Kepala Negara,termasuk Bapak Kofi Annan, Sekretaris Jendral PBB dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta ke tempat perayaan dilangsungkan di Bandung.
Pada bulan Juni 1956, untuk pertama kalinya Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan Haji dengan membawa rombonganke Saudi Arabia dengan Convair-340. Hari ini, kami telah menerbangkan lebih dari 100.000 rombongan Haji ke Jeddah dari Indonesia setiap tahunnya. 
Pada tahun 1961, pesawat bermesin turbo Lockheed Electra bergabung dengan armada Garuda, dan mengaktifkan peluncuran layanan penerbangan ke Hong Kong.
Di tahun 1965, Garuda Indonesia merupakan maskapai pertama di Asia Tenggara yang menawarkan layanan jet antar benua dari Jakarta ke Amsterdam melalui Kolombo, Bombay, Roma, dan Praha. Penerbangan menggunakan pesawat berteknologi canggih Convair 990A. Jet bermesin-empat ini merupakan pesawat komersial pertama yang dilengkapi dengan mesin turbofan dan masih memegang rekor sebagai pesawat sipil sub-sonic tercepat di dunia.
Tahun 1969, pesawat terbang Fokker F-27 turboprop mengambil peranan dalam layanan rute domestik dan dua buah pesawat terbang DC 9 dikirimkan. Dua buah jet F28 ditambahkan di tahun 1971 dan di tahun 1980 Garuda memiliki 24 buah pesawat terbang DC9 dan 33 buah F28. Sementara itu, pesawat terbang DC10 untuk pertama kalinya dikirimkan pada tahun 1976, dan di tahun 1980 pesawat Boeing 747-200 didatangkan. Kemudian, pada 1983, didatangkan pesawat Airbus seri A300 yang pertama, diikuti oleh pesawat Airbus A300-600, BoeingB737-300, B737-400, dan pesawat terbang McDonnell Douglas MD11 pada akhir dekade dan awal tahun 1990.
Dari awal tahun 1970 sampai pertengahan tahun 1980, Garuda Indonesia mengoperasikan armada terbesar jet kembar Fokker Fellowship F-28. Pada saat itu, armada Fokker F-28 terdiri dari 42 buah pesawat terbang, termasuk MK-1000 dari tahun 1971, MK-30000 dari tahun 1976, dan MK-4000 dari versi termaju tahun 1984. Pesawat terbang F-28 mengakhiri layanannya dengan Garuda Indonesia pada 5 April 2001 dan bergabung dengan Citilink, maskapai bertarif rendah.
Garuda Indonesia menggunakan pesawat terbang jet pada seluruh armadanya pada tahun 1977, dengan digantinya pesawat terbang Fokker Friendship F-27 turboprop dengan jet kembar Fokker Fellowship F-28 MK-3000. Armada Garuda terdiri dari empat pesawat terbang bertubuh lebar Douglas DC-10, tiga Douglas DC-8, delapan belas Douglas DC-9, dan tigapuluh dua Fokker F-28. Armada yang semuanya terdiri dari pesawat jet memungkinkan Garuda Indonesia menawarkan tingkat baru kenyamanan dan keandalah di seluruh Indonesia dan sekitarnya.  
Pada tahun 1980, pesawat jet jumbo Boeing B747-200 pertama kali dikirimkan. Di tahun 1984, armada Garuda terdiri dari 4 pesawat Boeing 747-200, 6 pesawat Douglas DC-10, 9 pesawat Airbus A300-B4 (Forward Facing Crew Cockpit), 24 pesawat Douglas DC-9, dan 36 pesawat Fokker Fellowship F-28.
Tepat tanggal 21 Januari 1982, Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan pesawat Airbus A300-B4 FFCC (Forward Facing Crew Cockpit), dengan menggunakan dek penerbangan analog dua-orang (two-man analog flight deck) yang dirancang khusus, cikal bakal kokpit dengan dua kaca telah digunakan pada semua pesawat modern di zaman ini.
Pada tahun 1985, Pusat Pemeliharaan Fasilitas Garuda di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Pusat Pelatihan Garuda di Jakarta Barat dibangun.
Pada bulan Agustus 2009, Garuda Indonesia mulai menerima pengiriman 50 pesawat Boeing B737-800NG (Next Generation) untuk memenuhi tuntutan masa depan di industri perjalanan yang terus berubah.
Di tahun 2011, Garuda Indonesia akan menerima pengiriman 10 pesawat Boeing B777-300 ER (Extended Range) pertama, yang dapat menerbangkan 365 penumpang (tipe tiga kursi) dengan perjalanan 14.685 km tanpa henti.
INDONESIA MOST ADMIRED COMPANIES 2011
"The Best 20 Most Admired Companies in Indonesia"
dari Fortune Indonesia diterima tgl 25 Januari 2012
ASIAMONEY CORPORATE GOVERNANCE POLL 2011
"Best for Investor Relations in Indonesia - 3rd Place"
"Best for Shareholder's Rights and Equitable Treatment in Indonesia - 3rd Place"
"Overall Best Company in Indonesia for Corporate Governance - 3rd Place"
"Best for Responsibilities of Management and the Board of Directors in Indonesia - 3rd Place."
dari Asia Money
diterima tgl 25 Januari 2012
TOP BRAND AWARD 2012
"Category : Airlines"
dari majalah Marketing dan Frontier diterima tgl 6 Februari 2012
awards diterima oleh Citilink
BUDGIES & TRAVEL AWARD
"The Best Overall Marketing Campaign"
dari Budgies & Travel Award diterima tgl 9 Februari 2012
REKOR INDONESIA (MURI)
" Penanaman Mangrove dengan Sistem Guludan terbanyak (18.600 bibit mangrove)"
dari Museum Rekor Dunia Indonesia diterima tgl 23 Februari 2012
2010/2011 VISION AWARDS
ANNUAL REPORT COMPETITION
"First Rank Top 100 Annual Report Worldwide"
"First Rank (Platinum Award) category Aerospace & Defense"
"Special Achievement Award : The Most Engaging Annual Report (Platinum) worldwide" "Bronze Award" (versi online)
dari League of American Communications Professionals (LACP)
diterima tgl 27 Februari 2012
THE BEST INTERNATIONAL AIRLINE
dari Roy Morgan diterima tgl 3 Maret 2012
JUARA SOCIAL MEDIA 2012
INDONESIA MOST FAVORABLE BRAND
IN SOCIAL MEDIA
"Airline - Full Service Category"
dari SWA, SITTI, OMG, isobar diterima tgl 16 Maret 2012
INDONESIA SERVICE TO CARE AWARD 2012
dari Markplus
diterima tgl 3 April 2012
awards diterima oleh Citilink
INDONESIA SERVICE TO CARE AWARD 2012
dari Markplus
diterima tgl 3 April 2012
ANUGERAH PEREMPUAN INDONESIA 2012
"Kategori : Perusahaan Publik BUMN Bidang Penerbangan"
dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,
Ideku Group diterima tgl 19 April 2012
SERVICE QUALITY AWARD 2012
"Category : International Airline"
dari Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty
diterima tgl 10 Mei 2012
SERVICE QUALITY AWARD 2012
"Category : Domestic Airline"
dari Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty
diterima tgl 10 Mei 2012
Crackership Award
dari FE UI diterima tgl 9 Februari 2011
20 Perusahaan Idaman 2010
dari Warta Ekonomi diterima tgl 1 Februari 2011
Call Center Award 2011
dari Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty. diterima tgl 3 Maret 2011
Top Brand Award 2011
dari majalah Marketing dan Frontier diterima tgl 10 Februari 2011
Top Brand Platinum Award
dari majalah Marketing dan Frontier diterima tgl 28 April 2011
Indonesia Most Favorite Youth Brand 2011
dari Majalah Marketeers dan Markplus Inc. diterima tgl 26 April 2011
Service Quality Awards 2011
Category: International Airline Services dari Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty. diterima tgl 11 Mei 2011
Service Quality Awards 2011
Category: Domestic Airline Services dari Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty. diterima tgl 11 Mei 2011
Word of Mouth Marketing Award 2011
"Most #1 Recommended Brand" dari SWA dan Onbee diterima tgl 9 Juni 2011
Corporate Image Award 2011
"The Best in Building and Managing Corporate Image" dari Bloomberg Businessweek dan Frontier Consulting diterima tgl 8 Juni 2011
Indonesia Brand Champion 2011 "The Most Popular Airline"
dari Marketeers dan Markplus Inc. diterima tgl 9 Juni 2011
Indonesia Brand Champion 2011 "The Best Airline"
dari Marketeers dan Markplus Inc. diterima tgl 9 Juni 2011
Indonesia Human Capital Study 2011 (IHCS) "The Best CEO Commitment For Human Capital Management"
dari Business Review diterima tgl 30 Juni 2011
Indonesia Human Capital Study 2011 (IHCS) "The Best For Human Capital Initiative Culture Development"
dari Business Review diterima tgl 30 Juni 2011
Indonesia Original Brands 2011
dari SWAnetwork diterima tgl 4 Agustus 2011
Indonesia Best Brand Award "Best Brand Platinum 2011"
dari SWA, MARS Research Specialist diterima tgl 19 Juli 2011
Annual Report Award 2010 "Juara 1 Kategori BUMN/BUMD Non Keuangan Non Listed"
dari Bapepam-LK, IDX, BI, Kementerian BUMN, KNKG, IAI, Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI diterima tgl 14 September 2011
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 "The Best in Achieving Total Customer Satisfaction"
dari Frontier Consulting Group dan majalah SWA diterima tgl 5 Oktober 2011
Rekor Digital Marketing Award 2011 "Great Performing Website"
dari Survey One dan majalah Marketing diterima tgl 28 September 2011
Rekor Indonesia (MURI) "Maskapai Penerbangan yang Memiliki Penumpang dengan Pencapaian Frekuensi Penerbangan terbanyak ( 1.000 kali an. Refman Basri )"
dari Museum Rekor Dunia Indonesia diterima tgl 11 Oktober 2011
Rekor Indonesia (MURI) "Maskapai Penerbangan yang Memiliki Penumpang dengan Pengumpulan Flight Mileage terbanyak ( 2 juta Miles an. Rudy Maswi )"
dari Museum Rekor Dunia Indonesia diterima tgl 11 Oktober 2011
awards diterima oleh Citilink Indonesia Travel & Tourism Awards 2011
"Indonesia Leading Low COst Airline"
dari ITTA Foundation diterima tgl 17 November 2011
NET PROMOTER CUSTOMER LOYALITY AWARD 2011 "The Net Promoter Score (NPS) Leader Airlines Category"
dari SWA dan hachiko diterima tgl 27 Oktober 2011
20 INDONESIA MOST ADMIRED CEO 2011 Category: Transportation
dari Warta Ekonomi diterima tgl 6 Desember 2011
ECONOMIC CHALLENGES AWARDS 2011
dari PT. Media Televisi Indonesia diterima tgl 21 November 2011
INDONESIA TOURISM AWARD 2011 "Penerbangan Layanan Penuh Terfavorit"
dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, SWA diterima tgl 8 Desember 2011
HONORED MEMBER OF TOP 20 INDONESIA MOST ADMIRED CEO 2011
dari Warta Ekonomi diterima tgl 6 Desember 2011
GOOD CORPORATE GOVERNANCE AWARD 2011
"Peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2010 Terbaik Dalam Tahapan Observasi"
dari SWA dan IICG diterima tgl 19 Desember 2011
PENGHARGAAN ANUGERAH PEDULI PENDIDIKAN 2011 "Kategori BUMN / CSR"
dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI diterima tgl 12 Desember 2011
GOOD CORPORATE GOVERNANCE AWARD 2011
"Most Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2010"
dari SWA dan IICG diterima tgl 19 Desember 2011
GOOD CORPORATE GOVERNANCE AWARD 2011
"Indonesia Trusted Companies Based on Investors and Analysts's Assessment Survey"
dari SWA dan IICG diterima tgl 19 Desember 2011
APRESIASI WONDERFUL INDONESIA 2011
dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI diterima tgl 29 Desember 2011
Piagam Maskapai Bintang 4 SKYTRAX 2010
Piala, Maskapai Bintang 4 SKYTRAX 2010
Airline Turnaround tahun 2010 Pusat Penerbangan Asia Pasifik (Centre of Asia Pacific Aviation)
“Perolehan dalam Kepuasan Konsumen Terbaik” ICSA 2010
Museum Rekor Indonesia Dunia “Pemrakarsa dan Penyelenggara Layanan Imigrasi Pertama di atas Pesawat
Piagam Brand Terbaik Indonesia– Brand Platinum Terbaik 2010
Piagam Good Corporate Governance (Perusahaan dengan Tata Kelola yang Baik) 2010 – Perusahaan Terpecaya Indonesia “Corporate Governance Perception Index (CGPI)
Piagam Aerospace Indonesia - Frost & Sullivan “Maskapai Inovatif Tahun Ini”
Piagam Marketeers GREATEST BRANDAbad ini 2010, Pilihan NETIZEN
Piagam Marketeers GREATEST BRANDAbad ini 2010, Pilihan EDITOR
Marketer of the Year Indonesia 2009 Automotive, Transportation & Logistics dari Mark Plus Inc., Desember 2009
BNSP Competency Award 2009, kategori penghargaan untuk Lembaga/Industri
Good Corporate Governance Award 2009, Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) Assessment dari Majalah SWA dan the Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG)
Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) 2009: The Best in Achieving Total Customer Satisfaction, dari Frontier Consulting dan Majalah SWA
The Most Indonesia Admirable Company: Economic Challenge Award dari Metro TV
Marketer of The Year Indonesia 2009, dari MarkPlus Inc.
Perusahaan Idaman 2009 dari Majalah Warta Ekonomi
National Geographic Traveler Award 2009, Maskapai Penerbangan Terfavorit AOC 121, dari National Geographic.
Airline of The Year 2009, The Best Cabin Crew, The Best On Time Performance, dari Majalah Angkasa.
Excellent Brand Award 2009: The Excellent in Brand Image & Brand Awareness, Desember 2009
Best of The Best Website BUMN Terbaik 2009 dari Kementerian BUMN, Oktober 2009
E-Company Award, dari Majalah Warta Ekonomi, Oktober 2009
Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) Award 2009: The Best in Building and Managing Corporate Image, dari Frontier Consulting dan Majalah Business Week, Agustus 2009
Best of The Best CEO 2009, dari Majalah Warta Ekonomi, Agustus 2009
Indonesia Future Business Leader, dari Majalah SWA, Agustus 2009
Annual Report Award 2009 dari Kementerian BUMN, Bapepam LK dan BI, Agustus 2009
Service Quality Award: International Airline Services, dari Majalah Marketing, Mei 2009.
The Word of Mouth Marketing Award(WOMMA), dari Majalah SWA, April 2009.
Call Centre Award for Achieving “Good” Service Performance, dari Majalah Marketing, Maret 2009.
Piagam Hari Konsumen Nasional 2003
Piagam Most Value BrandIndonesian 2003
Piagam Best Corp BrandIndonesia 2003
PiagamBest BrandIndonesia 2002
Pada tanggal 11 Juli 2002, Spesialisasi Riset Pemasaran MARS dan majalah bisnis SwaSembada mempersembahkan Piagam Best Brand kepada Garuda Indonesia sebagai brand paling bernilai dalam kategori layanan penerbangan.
Kepuasan Konsumen
Lembaga Riset Pemasaran Frontier dan majalah bisnis SwaSembada mempersembahkan Piagam ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) 2001 kepada Garuda Indonesia dalam kategori “Kepuasan Konsumen Terbanyak”
Kepuasan Konsumen
Lembaga Riset Pemasaran Frontier dan majalah bisnis SwaSembada pada tanggal 7 September 2000 mempersembahkan Piagam ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) 2000 kepada Garuda Indonesia dalam kategori “Kepuasan Konsumen Terbanyak”
BestCorporate Finance Dealtahun 2001
Setelah melalui proses negosiasi yang keras dan sukses dalam menyelesaikan restrukturisasi hutang, Garuda diberikan penghargaan “Transaksi Keuangan Perusahaan Terbaik di tahun 2001” dari Jurnal Keuangan Penerbangan-London pada tanggal 8 April 2001.
Best "On Time" Airline Bandara Internasional Schiphol
Pada tanggal 10 Januari 2001, Bandara Schiphol Amsterdam mendeklarasikan Garuda Indonesia sebagai pemenang piagam “Maskapai Antar-benua dengan Ketepatan Waktu 2000” yaitu maskapai paling tepat waktu dalam rute internasional.
Piagam Amsterdam Airport Schiphol 2000
Pada tanggal 18 Januari 2001, Bandara Schiphol Amsterdam mendeklarasikan Garuda Indonesia sebagai pemenang piagam “Maskapai Antar-benua dengan Ketepatan Waktu 2000” yaitu maskapai paling tepat waktu dalam rute internasional.
Piagam EXEM 2001
Pemenang Experiential Marketing & Emotional Branding 2001 dari MarkPlus & Co.
Speediest Implementation SAP
PT. SAP Indonesia memberikan penghargaan piagam “Best Implementation 1999” pada Garuda Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2000. Sistem SAP adalah sistem pemprosesan data software yang terintegrasi, yang berisi modul mengenai accounting, keuangan, aset manajemen serta manajemen sumber daya manusia dll
Sistem Informasi Standar Internasional
DNV (Det Norto Veritas), Institut berSertifikasi Standar-Belanda, mempersembahkan Sertifikat ISO-9001 kepada Sistem Informasi Garuda pada 25 Mei 2000
Pelatihan berStandar Internasional
Pelatihan Maskapai Garuda menerima Sertifikat ISO -9001 pada 26 Januari 2000 dari TUV, Institut Sertifikasi berStandar-Jerman
Inovator : Crisis Busting Award
Travel Weekly East Magazine, Singapore, mempersembahkan Piagam Innovators 2001 kepada Maskapai Garuda Indonesia (Internasional) : Manajemen Krisis. Piagam diberikan kepada institusi, bisnis dan individual, sebagai pengakuan terhadap keberhasilan mereka yang luar biasa, atau mereka yang berhasil dalam membuat dan melaksanakan konsep atau ide yang inovatif.
Sertifikasi Pemeliharaan dan Perbaikan FAA Federasi Penerbangan AS
Administrasi (FAA) pada 28 Februari 2000 mengumumkan bahwa Fasilitas Pemeliharaan Garuda telah memenuhi persyaratan sebagai “stasiun perbaikan yang diakui” sesuai dengan FAR 145, dan telah memuaskan jaminan kualitas yang diperlukan untuk melaksanakan pemeliharaan, termasuk komponen mesin dan pesawat, untuk pesawat yang dimiliki oleh maskapai AS.

TAHUN
PIAGAM 
2012

2011

2010
PIAGAM
  • Piagam Maskapai Bintang 4 SKYTRAX 2010
  • “Perolehan Kepuasan Konsumen Terbaik” ICSA 2010
  • Museum Rekor Indonesia Dunia “Pemrakarsa dan Penyelenggara Layanana Imigrasi Pertama di atas Pesawat
  • Piagam SKYTRAX 2010 untuk Pemenang Maskapai Dunia
  • Piagam Best BrandIndonesia – Best Brand Platinum 2010
  • Piagam Good Corporate Governance 2010 – Perusahaan Terpecaya Indonesia “Peserta terbaik dalam penilaian Makalah CGPI 2009”
  • Piagam Good Corporate Governance 2010 – Perusahaan Terpecaya Indonesia “Corporate Governance Perception Index (CGPI)
  • Piagam Marketeers GREATEST BRANDabad ini 2010, Pilihan NETIZEN
  • Piagam Marketeers GREATEST BRANDabad ini 2010, Pilihan EDITOR
  • Indonesia Tourism Award 2010 “Penerbangan Layanan Penuh Terfavorit”
  • Adikarya Wisata, Jakarta Tourism Award 2010
  • IMAC 2010
  • Penghargaan Laporan Tahunan 2009, Peringkat I Kategori BUMN/BUMD Non Keuangan – Non Listed (Jakarta, 22 September 2010)
  • Juara Media Sosial – Brand Terfavorit Indonesia di Media Sosial
  • Word of Mouth Marketing 2010 – Juara Pertama dalam Kategori Pelayanan Penerbangan
  • Brand NETIZEN Terfavorit Indonesia 2010
  • Piagam Marketing 2010 – Terbaik dalam Pemasaran Internasional
  • Pemenang PiagamEconomic Challengges 2010 – Metro TV
  • Indonesia Social Entrepreneurship Achievement 2010
  • IMAC 2010 – Terbaik dalam Membangun dan Mengatur Kesan Perusahaan
  • Piagam Kualitas Pelayanan 2010 – Layanan Maskapai Domestik
  • Piagam Kualitas Pelayanan2010 – Layanan Maskapai Internasional
  • Piagam Marketeers Brand Wanita Terfavorit Indonesia 2010
  • Piagam Aerospace Indonesia -Frost & Sullivan“Maskapai Inovatiftahun ini”
  • Warta Ekonomi – Perusahaan Idaman 2010
  • Top Brand 2010 – Outstanding Achievement
2008
  • Piagam Pusat Pelayanan oleh Center Customer Satisfaction & Loyalty & MARKETING
  • Perusahaan Paling Dikagumi di Indonesia (IMAC) oleh Frontier & Business Week
  • Piagam Best BrandIndonesia “ Platinum Award “ oleh MARS & SWA
  • Transforming Strategic IT to Business Improvement  oleh Warta Economy @ company Award 2008
  • The Company The Best Corporate Imageoleh Frontier & Business Week
  • Piagam Kualitas Pelayanan 2008 dalam meraih kepuasan kualitas yang  luar biasa oleh  Majalah Marketing
  • Perusahaan Idaman 2008 by Warta Ekonomi
  • Pemenang Pelayanan yang Istimewa 2008 oleh MarkPlus & Co
  • Piagam Pusat Pelayanan oleh Center Customer Satisfaction & Loyalty & MARKETING
  • Perusahaa paling Dikagumi Indonesia (IMAC) oleh Frontier & Business Week
  • Piagam Best BrandIndonesia " Platinum Award " oleh MARS & SWA
  • Transforming Strategic IT to Business Improvementoleh Warta Economy @ company Award 2008
  • The Company The Best Corporate Imageoleh Frontier & Business Week
  • Piagam Kualitas Pelayanan 2008 dalam meraih kepuasan kualitas yang  luar biasa by Majalah Marketing
  • Perusahaan Idaman 2008 by Warta Ekonomi
  • Pemenang Layanan Istimewa 2008 oleh MarkPlus & Co
2007
  • Piagam Kualitas Pelayanan 2007 (Diamond) dari Center for Customer Satisfaction and Loyalty and Majalah Marketing.
  • Perusahaan paling Dikagumi di Indonesia (IMAC) Kategori Maskapai oleh Frontier & Business Week
  • Piagam Best BrandIndonesian (IBBA) oleh MARS & SWA
  • Piagam IPRA 2007 (International Public Relations Association) Sertifikasi Istimewa dalam Manajemen Krisis
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesia (IVSA) oleh Frontier & SWA
  • Perusahaan paling Dikagumi di Indonesian (IMAC) Kategori Maskapai, perusahaan dengan kesan perusahaan terbaik oleh Frontier & Business Week
  • Piagam Pusat Pelayanan “Pelayanan Terbaik" untuk kategori Maskapai.
2006
  • Piagam Pusat Pelayanan 2006 Maskapai untuk Performa Pelayanan Istimewa.
  • Piagam Kesetiaan Konsumen Indonesia (ICLA) 2006 dari Majalah SWA dan MARS Marketing & Research.
  • Piagam Pemenang Pelayanan Konsumen Nasional 2006 dari Center for Customer Satisfaction and Loyalty.
  • Perusahaan paling Dikagumi di Indonesia (IMAC) 2006 dariMajalah BUSINESS WEEK dari FRONTIER Konsultan Marketing & Research.
  • Indonesia Golden Brand 2006, Piagam Best Brand Indonesia
  • (IBBA) 2006 dariMajalah SWA dan MARS Marketing & Research.
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesian (ICSA) 2006 dari Majalah SWA danFrontier Consulting Group.
  • Safety Award (Perusaha paling Peduli Indonesia 2006) dari Safety Award(Perusaha paling Peduli Indonesia 2006).
  • Piagam Website BUMN, Kementrian Badan Urusan Milik Negara.
  • Piagam Superbrands untuk Brand Lokal Terbaik, Superbrands Internasional
2005
  • Piagam Best BrandIndonesia (IBBA) oleh MARS & SWA
  • Piagam Golden BrandIndonesia oleh MARS & SWA
  • Piagam Superbrand oleh Super brand Internasional
  • Piagam Kesetiaan Konsumen Indonesia (ICLA) olehCenter Customer Satisfaction & Loyalty & MARKETING
  • Piagam Pusat Pelayanan (Pusat Pelayanan Terbaik) olehCenter Customer Satisfaction & Loyalty & MARKETING
  • Piagam E-Company Ke-4 2005 olehmajalah "Warta Ekonomi"
  • Perusahaan paling Dikagumi Indonesian (IMAC)
  • Innovation Awardoleh MARS, SWA and BPPT
2004
  • ISO 9001 : 2000 (Sistem Kualitas Manajemen) dari  TUV Jerman
  • CASR 142/147 Dari DSKU (DGAC)
  • Piagam Best BrandIndonesia (IBBA) 2004 : Perusahaan Transportasi Terbaik –Brand Terbaik di Pelayanan Maskapai
2003
  • Piagam Best BrandIndonesia (IBBA) oleh MARS & SWA
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesia (ICSA) oleh Frontier & SWA
  • Superbrand oleh Superbrand Internasional
  • Piagam BUMN : Strategi Pelayanan, Hari Pelayanan Nasional
  • Perusahaan paling Dikagumi Indonesia (IMAC) oleh Frontier & Business Week
2002
  • Piagam Airbus Reliability–Istimewa dalam Keandalan Pengoperasian A330 tahun ini oleh Airbus Industry PATA
  • Piagam ITB –Maskapai Usaha Pemasaran Terbaik Internasional olehTravel Weekly East
  • Piagam Best BrandIndonesia (IBBA) oleh MARS & SWA
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesia (ICSA) oleh Frontier & SWA
  • Perusahaan paling Dikagumi Indonesia (IMAC) oleh Frontier & Tempo Media Group
2001
  • Piagam Air finance–Transaksi tahun ini oleh Air Finance Journal, London
  • Experiential Marketing & Emotional Branding Champion (EXEM), oleh SWA & Mark Plus & Co.
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesia (ICSA)oleh Frontier & SWA
  • Piagam Amsterdam Airport Schiphol –Piagam Paling Tepat Waktu Antar Benua
  • Inovator:Crisis Busting AwardolehMajalah Travel Weekly East
2000 
  • Piagam Kepuasan Konsumen Indonesia(ICSA)oleh Frontier & SWA
  • Air Safety Award (Keamanan Maskapai Terbaik ) Piagam SAP Indonesia – Pelaksanaan Terbaik 1999
  • Piagam Amsterdam Airport Schiphol –Maskapai Paling Tepat Waktu Antar Benua

Seragam kru kabin
Anggota kru kabin maskapai penerbangan adalah profesi yang unik. Mereka berlaku sebagai penerima tamu atas nama maskapai, memberikan layanan pada para penumpang. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang selama perjalanan. 


Sebelum penerbangan, calon anggota kru kabin mengikuti enam bulan pelatihan yang meliputi simulasi pelayanan di dalam pesawat, keamanan penerbangan, pertolongan pertama, hukum, etika sosial, serta tata cara bersikap. Pelatihan selanjutnya yang akan mereka ikuti ditentukan oleh perjalanan karir mereka sebagai anggota kru kabin. 



Helen E. McLaughlin, dalam bukunya  ‘Footsteps in The Sky’ (1994), menyatakan bahwa profesi kru kabin muncul pertama kali ketika adanya kebutuhan akan tenaga medis di atas pesawat selama Perang Dunia ke I dan II, yaitu disaat tentara yang cedera dibawa dengan pesawat dan memerlukan perawatan selama penerbangan. 



Saat bekerja, kru kabin memakai seragam khusus. Seragam kru kabin Garuda Indonesia yang pertama sangat bergaya militer, dengan topi bergaya militer (yang ditekuk) dan baju terbuat dari bahan dril. Seragam terdiri dari baju putih dan rok, dengan topi bergaya 1940 berwarna krem. Seragam ini digunakan sampai tahun 1970. Seragam berikutnya berwarna jingga, sesuai dengan logo dan skema warna Garuda Indonesia pada saat itu. 



Seragam ini telah melalui berbagai perubahan dan penyesuaian untuk tetap bisa mengikuti trend fashion terbaru. Variasi meliputi baju berwarna krem dengan rok panjang jingga dan topi bulat; kemudian dua seragam berbeda digunakan bersamaan,yang satu berwarna dominan krem dan yang lain berwarna dominan jingga; berikutnya, seragam berwarna dasar krem dengan pola zigzag berwarna biru terang dan kuningpucat. Seragam-seragam ini digunakan sampai tahun 1986.



Pada tahun 1986, logo dan skema warna Garuda Indonesia berubah menjadi biru tua, dan seragam kru kabin pun disesuaikan dengan skema warna ini.     



Di tahun 2009, Garuda Indonesia meluncurkan kebijakan Quantum Leap sebagai ujung tombak transformasi maskapai ini. Sebagai bagian dari kebijakan ini, Garuda memperkenalkan seragam kru kabinbaru yang bercorak batik Indonesia dan jaket yang dirancang secara cerdas, yang merefleksikan pengalaman Garuda Indonesia.

Organisasi dan group

PT. Garuda Indonesia (Persero) adalah maskapai pertama dan terbesar di Indonesia, menerbangkan hampir 50 destinasi domestik maupun internasional. Dengan pendekatan berorientasi “melayani”, Garuda Indonesia bertujuan menjadi penyedia layanan terdepan bagi wisatawan udara maupun pengiriman barang melalui udara di negara ini, dengan armada mendekati 120 pesawat terbang untuk mendukung seluruh pelayanan kami. Grup Garuda Indonesia pada saat ini memiliki lima anak perusahaan: PT. Aerowisata (layanan travel, hotel, transportasi dan katering); PT. GMF Aero Asia (pemeliharaan pesawat terbang); PT. Abacus Distribution System (penyedia reservasi komputer); PT. Gapura Angkasa (layanan pemeliharaan di lapangan) dan PT. Lufthansa System Indonesia (Penyedia dan solusi di bidang IT).

Dengan Kantor Pusat kami di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Garuda Indonesia pada saat ini mempekerjakan 5.808 pegawai dan mengoperasikan lebih dari 2300 penerbangan domestik dan internasional setiap minggunya..


Anak Perusahaan
Anak perusahaan adalah satu kesatuan legal yang independen, yang dibangun oleh perusahaan untuk mendukung seluruh kegiatannya. Manajemen anak perusahaan diatur secara independen namun tetap di bawah kontrol induk perusahaan. Anak perusahaan Garuda Indonesia meliputi PT. Aerowisata, PT. Abacus DSI, PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia dan PT. Lufthansa System Indonesia.   


PT Aerowisata didirikan di Jakarta berdasarkan Akta Notaris Soeleman Ardjasasmita, S.H., dengan No.: 85 tertanggal 30 Juni 1973. Akta penggabungan disahkan oleh Mentri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat KeputusanNo.Y.A.5/32/18 tertanggal 2 Februari1974.Anggaran Dasar PT Aerowisata telah mengalamai beberapa kali perubahan, terakhir oleh Akta Notaris pengganti tertanggal 6 Desember 2005, yang berhubungan dengan perubahan pada komposisi pemegang saham PT. Aerowisata, yang berdomisi di Jalan Prapatan no. 32, Jakarta Pusat.


PT Aerowisata menawarkan layanan yang berhubungan dengan perhotelan dan pariwisata. PT. Aerowisata memiliki sejumlah anak perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, katering (pelayanan penyedia makanan), penyedia layanan transportasi darat, serta wisata & agen perjalanan. Anak-anak perusahaan ini meliputi Hotel Development Corporation, PT Senggigi Pratama International, PT Angkasa Citra Sarana Catering Service, PT Mandira Erajasa Wahana, PT Biro Perjalanan Wisata Satriavi, Garuda Orient Holidays Pty. Ltd. dan PT Aerojasa Perkasa.


PT Abacus Distribution Systems Indonesia (PT Abacus DSI) didirikan berdasarkan izin Menteri Keuangan dalam Surat Keputusan No. S-34/MK-016/93 tertanggal 31 Desember 1993 dan Menteri Komunikasi dalam Surat Keputusan No. B-487/Au.003/SK 7 tertanggal 29 Desember 1993dengan Akta Notaris  No. 1 tertanggal 1 Maret 1995 oleh Anna Sunarhadi, SH., Notaris Umum di Jakarta, dan terakhir oleh Akta bernomor 2 tertanggal 15 Januari 2001 oleh Suryati Moerwibowo, yang sudah mendapatkan perizinan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia dalam Surat KeputusanNo. C1466 HT.01.01tertanggal 28 Februari 2001 dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 1231 tertanggal 1 Maret 1996. Akta penggabungan telah didaftarkan dalam buku pendaftaran Kantor Pengadilan Negeri, Jakarta Pusat No. 1156 pada tahun 1995. PT. Abacus DSI memiliki kantor pusat di Jl. Mampang Prapatan Raya no. 93, Jakarta, dengan kantor cabang di Surabaya dan Medan. 


Visi perusahaan ini adalah menjadi penyedia layanan Sistem Distribusi Global (Global Distribution Systems/GDS) terdepan serta penyedia layanan komunikasi dan teknologi informasi di Indonesia.Cakupan kegiatan perusahaan ini meliputi layanan system reservasi yang terkomputerisasi, penyewaan peralatan komputer yang digunakan oleh agen-agen perjalanan, menyediakan fasilitas pelatihan pegawai untuk agen-agen perjalanan serta menyediakan bantuan teknis dalam system reservasi terkomputerisasi (computerized reservation systems/CRS) untuk agen-agen perjalanan.


PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMFAA) bergabung berdasarkan Akta Notaris No.93 tertanggal 26 April 2002 oleh Arry Supratno, S.H.,Notaris Umum di Jakarta, disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia dalam Surat Keputusan No.C-11688.H.T.01.01. tertanggal 25 Juni 2002 dan dicatat dalam Pelengkap Berita Negara RI No. 78  pada tanggal 27 September 2002. Pada tahun 2003, penerbitan dan pembayaran modal terdiri dari 665.699 saham, dengan total Rp.166.4 Milyar. 99% saham dimiliki oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) dan 1% dimiliki oleh PT. Aerowisata.


Perusahaan ini didirikan untuk melaksanakan dan mendukung ekonomi pemerintahan Indonesia dan kebijakan perkembangan nasional, khususnya dalam bidang pemeliharaan pesawat terbang dan layanan perbaikan serta bisnis lain yang berhubungan dengan pemeliharaan pesawat terbang maupun layanan perbaikan. Selain itu, untuk menghasilkan keuntungan untuk perusahaan melalui pemeliharaan pesawat terbang dan layanan perbaikan termasuk mesin dan komponen.

PT Aero Systems Indonesia, sebelumnya dikenal dengan nama PT Lufthansa Systems Indonesia, didirikan pada tahun 2005. Pada awalnya, PT. Garuda Indonesia (Persero) memiliki 51% dari saham perusahaan, dan sisanya 49% dimiliki oleh Lufthansa Systems AG (LSY). Pada tanggal 29 Januari 2009, terjadi transfer kepemilikan saham dari LSY ke PT. Aero Wisata.


Kegiatan ASYST meliputi layanan konsultasi dan sistem teknik teknologi informasi serta layanan pemeliharaan penerbangan dan industri lainnya.

Bisnis utama ASYSTadalah melayani sebagai penyedia hosting untuk tiga layanan utama: Software as a Services atau SaaS (layanan perangkat  lunak) seperti Passenger Service System atau PSS (system layanan penumpang) dan ERP (Enterprise Resource Planning) business model; dikuatkan oleh Platform as a Service atau PaaS (layanan platform), yang terdiri dari sistem operasional, Reverse Proxy, Web Server, Application Server, and Database; serta Infrastructure as a Service atau IaaS (layanan prasarana) seperti Server (komputasi), penyimpanan, perangkat jaringan, Pusat Data and Disaster Recovery Center (Pusat Pemulihan Bencana) untuk mendukung dan mengoptimalisasikan jaringan bisnis. Seluruh layanan disimpan di dalam pusat data dengan standar internasional Tier III ketersediaan 99.8%. Untuk landasan pelayanan, ASYST telah membuat infrastruktur dengan kapasitas yang sangat besar untuk tempat-tempat utama yang meliputi kerangka utama dan jaringan area penyimpanan. Selain itu, untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi klien, ASYST menyediakan layanan Data Recovery Center atau DRC (Pusat Pemulihan Data). Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.asyst.co.id









Emirsyah Satar, Direktur Utama
Menjabat sebagai Direktur Utama sejak Maret tahun 2005. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Danamon, Direktur Keuangan Garuda Indonesia, CEO/Managing Director Niaga Finance di Hong Kong, CEO/Managing Director PT Niaga Leasing Corporation di Jakarta, Presiden Direktur/CEO PT Niaga Factoring Corporation di Jakarta, General Manager-Corporate Finance Jan Darmadi Group, Assistant VP Corporate Banking Group Citibank NA, Auditor untuk Coopers & Lybrand Audit Firm. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Presiden Indonesia National Air Carriers Association (INACA), dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Hubungan Kerjasama Ekonomi Internasional, Anggota Board of Governors the International Air Transport Association (IATA) dan Anggota Executive Committee Association of Asia Pacific Airlines (AAPA).
Emirsyah Satar lahir di Jakarta 28 Juni 1959, meraih gelar Sarjana Ekonomi di bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia dan menyelesaikan program Diploma di Sorbonne University, Paris.
Batara Silaban, Direktur Teknik & Pengelolaan Armada
Menjabat sebagai Direktur Teknik & Pengelolaan Armada sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Aircraft Maintenance Management, VP Asset & Counter Trade Management, Vice President Material, GM Technical System Development, GM Aircraft Maintenance Planning & Control, Senior Manager Maintenance Planning, Manager Maintenance Planning & Method.
Batara Silaban lahir di Mataram 24 Juni 1963 , meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Manajemen Jalur Profesi, Universitas Indonesia Jakarta.
Elisa Lumbantoruan, Direktur Pemasaran & Penjualan
Menjabat sebagai Direktur Pemasaran & Penjualan sejak April tahun 2012. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan, Direktur Strategi & Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Direktur Utama PT Hewlett Packard Indonesia, Direktur PT Hewlett Packard Financial Services, Direktur Regional Hewlett Packard South East Asia Ltd. Direktur Pemasaran PT Compaq Computer Indonesia, Direktur Pemasaran PT Digital Astra Nusantara, Country Alliances Manager Oracle Systems Asia Tenggara Pte. Ltd, Sales Unit Manager PT Digital Astra Nusantara, Sales Manager PT Cipta Arta Graha Informasi dan Account Manager PT Astra Graphia.
Elisa Lumbantoruan lahir di Siborongborong 19 Juli 1960, meraih gelar Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung.
Faik Fahmi, Direktur Layanan
Menjabat sebagai Direktur Layanan sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Area Japan Korea China, General Manager Tokyo, General Manager Osaka, General Manager Pekanbaru, Manager Corporate Service Line Replenishment dan Manager Procurement.
Faik Fahmi lahir di Purbalingga 12 Desember1967, meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Handrito Hardjono, Direktur Keuangan
Menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai EVP Finance and Human Capital, PT Aerowisata, EPM Initial Public Offering Perseroan, EPM Debt Restructuring, VP Treasury Management, VP Controlling, VP Material, Executive Project Mgr. Debt Restructure, Head Corporate Treasury, VP Treasury, VP Budget & Controlling, VP Operations Suport, GM Operations Planning, GM Economic Plannning, GM Tech. Research & Development dan GM Shop Sup. Aircraft System Development.
Handrito Hardjono lahir Malang 18 Juli 1955, meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia Jakarta, Master of Public Administration dari Harvard University USA dan Master of Science in Management dari MIT USA.
Heriyanto Agung Putra, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum
Menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Human Capital Management, VP Business Support, GM General Strategic Sourcing, General Manager Corporate Services dan General Manager Cost Controlling.
Heriyanto Agung Putra lahir di Bandung 23 November 1965, meraih gelar Sarjana Manajemen Keuangan dari STIM YPLG Jakarta, lalu meraih gelar Magister Manajemen dari IPWI Jakarta dan Magister Business Administration dari Universitas Indonesia Jakarta.
Judi Rifajantoro, Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis & Manajemen Resiko
Menjabat sebagai Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis & Manajemen Resiko sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP IT Strategy and Governance - Dit ITSS Bandung PT TELKOM, Head of Information System Center – ISC Bandung PT TELKOM, Head of Business Unit – Kandatel Semarang PT TELKOM, Deputy Head of Business Unit – Kandatel Jakarta Timur PT TELKOM, Deputy Head of Business Unit – Kandatel Tangerang PT TELKOM, IT Gnr Mgr – SISFO Divre2 Jakarta PT TELKOM, IT Snr Mgr – SISFO Divre5 Surabaya PT TELKOM, IT Mgr – Unit SISFO Divre2 PERUMTEL Jakarta, IT Ast. Manager – PUSTEKSI PERUMTEL Bandung, IT Programmer and System Analyst – SubditData PERUMTEL Bandung dan Junior Engineer PT Agung Teknik Bandung.
Judi Rifajantoro lahir di Bandung 27 November 1959, meraih gelar Sarjana Teknik Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Telekomunikasi Bisnis dari Delft University Belanda.
Novijanto Herupratomo, Direktur Operasi
Menjabat sebagai Direktur Operasi sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Corporate Quality, Safety & Environment Mgmt, VP Flight Safety, Aviation Security & Environment, GM Incident Management, GM Incident Investigation, Company Check Pilot B. 737 Strata III, G.M. Flight Standard, Manager Company Operating Procedure, Manager Technical Pilot B-737, Simulator Instructor B-737, Captain Narrow Body, Senior Flight Officer Wide Body, Copilot DC-9 dan Junior Copilot DC-9.
Novijanto Herupratomo lahir di Malang 25 November 1959, meraih Diploma dari LPPU Curug.
Emirsyah Satar, Direktur Utama
Menjabat sebagai Direktur Utama sejak Maret tahun 2005. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Danamon, Direktur Keuangan Garuda Indonesia, CEO/Managing Director Niaga Finance di Hong Kong, CEO/Managing Director PT Niaga Leasing Corporation di Jakarta, Presiden Direktur/CEO PT Niaga Factoring Corporation di Jakarta, General Manager-Corporate Finance Jan Darmadi Group, Assistant VP Corporate Banking Group Citibank NA, Auditor untuk Coopers & Lybrand Audit Firm. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Presiden Indonesia National Air Carriers Association (INACA), dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Hubungan Kerjasama Ekonomi Internasional, Anggota Board of Governors the International Air Transport Association (IATA) dan Anggota Executive Committee Association of Asia Pacific Airlines (AAPA).
Emirsyah Satar lahir di Jakarta 28 Juni 1959, meraih gelar Sarjana Ekonomi di bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia dan menyelesaikan program Diploma di Sorbonne University, Paris.
Batara Silaban, Direktur Teknik & Pengelolaan Armada
Menjabat sebagai Direktur Teknik & Pengelolaan Armada sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Aircraft Maintenance Management, VP Asset & Counter Trade Management, Vice President Material, GM Technical System Development, GM Aircraft Maintenance Planning & Control, Senior Manager Maintenance Planning, Manager Maintenance Planning & Method.
Batara Silaban lahir di Mataram 24 Juni 1963 , meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Manajemen Jalur Profesi, Universitas Indonesia Jakarta.
Elisa Lumbantoruan, Direktur Pemasaran & Penjualan
Menjabat sebagai Direktur Pemasaran & Penjualan sejak April tahun 2012. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan, Direktur Strategi & Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Direktur Utama PT Hewlett Packard Indonesia, Direktur PT Hewlett Packard Financial Services, Direktur Regional Hewlett Packard South East Asia Ltd. Direktur Pemasaran PT Compaq Computer Indonesia, Direktur Pemasaran PT Digital Astra Nusantara, Country Alliances Manager Oracle Systems Asia Tenggara Pte. Ltd, Sales Unit Manager PT Digital Astra Nusantara, Sales Manager PT Cipta Arta Graha Informasi dan Account Manager PT Astra Graphia.
Elisa Lumbantoruan lahir di Siborongborong 19 Juli 1960, meraih gelar Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung.
Faik Fahmi, Direktur Layanan
Menjabat sebagai Direktur Layanan sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Area Japan Korea China, General Manager Tokyo, General Manager Osaka, General Manager Pekanbaru, Manager Corporate Service Line Replenishment dan Manager Procurement.
Faik Fahmi lahir di Purbalingga 12 Desember1967, meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Handrito Hardjono, Direktur Keuangan
Menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai EVP Finance and Human Capital, PT Aerowisata, EPM Initial Public Offering Perseroan, EPM Debt Restructuring, VP Treasury Management, VP Controlling, VP Material, Executive Project Mgr. Debt Restructure, Head Corporate Treasury, VP Treasury, VP Budget & Controlling, VP Operations Suport, GM Operations Planning, GM Economic Plannning, GM Tech. Research & Development dan GM Shop Sup. Aircraft System Development.
Handrito Hardjono lahir Malang 18 Juli 1955, meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia Jakarta, Master of Public Administration dari Harvard University USA dan Master of Science in Management dari MIT USA.
Heriyanto Agung Putra, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum
Menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Human Capital Management, VP Business Support, GM General Strategic Sourcing, General Manager Corporate Services dan General Manager Cost Controlling.
Heriyanto Agung Putra lahir di Bandung 23 November 1965, meraih gelar Sarjana Manajemen Keuangan dari STIM YPLG Jakarta, lalu meraih gelar Magister Manajemen dari IPWI Jakarta dan Magister Business Administration dari Universitas Indonesia Jakarta.
Judi Rifajantoro, Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis & Manajemen Resiko
Menjabat sebagai Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis & Manajemen Resiko sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP IT Strategy and Governance - Dit ITSS Bandung PT TELKOM, Head of Information System Center – ISC Bandung PT TELKOM, Head of Business Unit – Kandatel Semarang PT TELKOM, Deputy Head of Business Unit – Kandatel Jakarta Timur PT TELKOM, Deputy Head of Business Unit – Kandatel Tangerang PT TELKOM, IT Gnr Mgr – SISFO Divre2 Jakarta PT TELKOM, IT Snr Mgr – SISFO Divre5 Surabaya PT TELKOM, IT Mgr – Unit SISFO Divre2 PERUMTEL Jakarta, IT Ast. Manager – PUSTEKSI PERUMTEL Bandung, IT Programmer and System Analyst – SubditData PERUMTEL Bandung dan Junior Engineer PT Agung Teknik Bandung.
Judi Rifajantoro lahir di Bandung 27 November 1959, meraih gelar Sarjana Teknik Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar Magister Telekomunikasi Bisnis dari Delft University Belanda.
Novijanto Herupratomo, Direktur Operasi
Menjabat sebagai Direktur Operasi sejak April tahun 2012. Sebelumnya beliau menjabat sebagai VP Corporate Quality, Safety & Environment Mgmt, VP Flight Safety, Aviation Security & Environment, GM Incident Management, GM Incident Investigation, Company Check Pilot B. 737 Strata III, G.M. Flight Standard, Manager Company Operating Procedure, Manager Technical Pilot B-737, Simulator Instructor B-737, Captain Narrow Body, Senior Flight Officer Wide Body, Copilot DC-9 dan Junior Copilot DC-9.
Novijanto Herupratomo lahir di Malang 25 November 1959, meraih Diploma dari LPPU Curug.

Bambang Susantono, Komisaris Utama
Menjabat sebagai Komisaris Utama sejak April tahun 2012. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Sebelumnya menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Staf Ahli Menko Perekonomian, Kepala Bidang Infrastruktur Telekomunikasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Bambang Susantono lahir di Yogyakarta 4 November 1963, meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung, lalu meraih gelar MSCE Transportation Engineering Univ. California Berkeley, MCP City & Regional Planning Univ. California Berkeley dan Ph. D Infrastructure Planning Univ. California Berkeley.
Betti Alisjahbana, Komisaris Independen
Menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan sejak Februari tahun 2012. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Pimpinan dan Pendiri PT Quantum Business International, Komisaris PT Sigma Cipta Caraka, Wakil Ketua Dewan Riset Nasional, Ketua Asosiasi Open Source Indonesia, Ketua Komite Tetap Bidang Perangkat Lunak KADIN. Sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur PT IBM Indonesia, Direktur Operasi IBM Indonesia, General Manager e-Business and Cross Industry Solutions untuk Kawasan Regional ASEAN & Asia Selatan, General Manager General Business untuk Kawasan Regional ASEAN & Asia Selatan.
Betti Alisjahbana lahir di Bandung 2 Agustus1960, meraih gelar Sarjana Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung.
Peter F. Gontha, Komisaris Independen
Menjabat sebagai Komisaris Independen sejak Juni tahun 2012. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Ketua PT Persada Giri Abadi, Pendiri & Direktur Global Yachts Pte Ltd, Pendiri & Direktur Global Homes, Pendiri & Komisaris PT Java Festival Production, Komisaris PT Plaza Nusantara Realty, Komisaris Utama PT First Media Tbk., Pendiri Asian Jets.
Sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Star Motor Indonesia, Komisaris German Motors Manufacturing, Pendiri & Direktur Osprey Maritime Singapore, Komisaris Karimun Granite Singapore, Komisaris PT Nestle Indonesia, Pendiri & Direktur PT Jasa Angkasa Semesta, Komisaris PT Cardig Air, Direktur PT Indonesia Air Transport, Pendiri & Direktur Utama PT Chandra Astri Petrochemical, Pendiri & Direktur PT Tri Polyta Indonesia Tbk, Pendiri Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Pendiri Surya Citra Televisi (SCTV), Pendiri Java Festival Production, Pendiri PT First Media.
Peter F. Gontha Lahir di Semarang pada tanggal 4 Mei 1948, menempuh pendidikan di Praehap Institute The Netherland, Finance Accounting and Business Administration, serta Computer System Design.
Bambang Wahyudi, Komisaris
Menjabat kembali sebagai Komisaris Perseroan sejak April tahun 2012. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Nusantara Turbindan Propulsi. Sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Perseroan, Kepala Proyek Pengembangan Terminal Bandara Soekarno-Hatta PT. Angkasa Pura II, Direktur Utama PT. Gapura Angkasa, Direktur Teknik Perseroan, Kepala Garuda Maintenance Facility Perseroan, EVP Aircraft Services PT. Dirgantara Indonesia, VP Rotary Wing PT. Dirgantara Indonesia, Head of Manufacturing Planning Production Engineering PT. Dirgantara Indonesia, Kepala Bidang System Engineering Rotary Wing PT. Dirgantara Indonesia.
Bambang Wahyudi lahir di Kertosono 27 April 1956, meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung.
Sonatha Halim Jusuf, Komisaris
Menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak April tahun 2012. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN.
Sonatha Halim Jusuf lahir di Padang 23 September 1957, meraih gelar Sarjana Ekonomi Perusahaan Univ. Krisna Dwipayana Jakarta, lalu meraih gelar Master of Business Administration Hull University Inggris.
Wendy Aritenang, Komisaris
Menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 2007. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan. Sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Perkeretaapian, Sekretaris Jendral Departemen Perhubungan, Deputi Menteri Riset dan Teknologi, Komisaris PT PLN Batam, Komisaris PT Adyatirta Batam, Deputi Ketua Otorita Batam, Kepala Biro Perencanaan - BPP Teknologi.
Wendy Aritenang Lahir di Jakarta pada tanggal 15 Desember 1954, meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan memperoleh gelar Master of Science & Diploma dan gelar Doktor (PhD) dari University of London at Imperial College of Science & Technology dalam bidang Structural Engineering.
Strategi Unit Bisnis
Strategi Unit Bisnis atau Strategic Business Unit (SBU)adalah unit bisnis independen di bawah  perusahaan yang fokus pada optimalisasi sumber daya untuk memaksimalisasikan nilai perusahaan dengan memberikan produk dan pelayanan kepada pelanggan internal maupun pihak ketiga, antara lain Unit Bisnis Garuda Sentra Medika (GSM), Unit Bisnis Garuda Indonesia Training Center (GITC), Unit Bisnis Garuda Cargo dan Unit Bisnis Citilink (maskapai dengan tarif rendah). Keempat unit bisnis ini bertanggung jawab pada Dewan Direksi. 


Garuda Sentra Medika SBU
Garuda Sentra Medika (GSM) SBU memiliki serangkaian program untuk mencapai visinya menjadi yang terdepan dalam hal pelayanan kesehatan dan penyedia layanan andalan bagi maskapai Garuda maupun BUMN di Indonesia. 
Berikut adalah program-program GSM:

  1. Selalu siap memberikan pelayanan kesehatan di kota-kota besar di Indonesia.
  2. Mengembangkan pelayanan kesehatan keluarga 
  3. Mempromosikan produk kesehatan melalui media tertulis dan pameran JHCC 
  4. Meningkatkan fasilitas dan infrastruktur klinik 
  5. Membatasi/mengatur persediaan 
  6. Memproduksi TPB & PR menggunakan SIRS 
  7. Mengevaluasi vendor


Cargo SBU
Cargo SBUmelayani kebutuhan pelanggan untuk mengangkut barang melalui transportasi udara. Selain menjual tempat kargo/barang di dalam pesawat, Cargo SBU juga merupakan penyedia-layanan air cargo (transportasi udara untuk mengangkut barang). Namun saat ini belum memiliki armada pesawat yang beroperasi. Tempat kargo/barang yang tersedia di dalam pesawat dihitung oleh freight available ton kilometers (FATK).
Untuk memajukan kualitas layanan pelanggan dan memberikan kontribusi pendapatan yang optimal, Cargo SBU memiliki beberapa program kerja antara lain:

  1. Bekerja sama dengan POSINDO, REPEX, dan PAGAR di Timur Tengah
  2. Memproses organisasi bisnis untuk meningkatkan efisiensi
  3. Merestrukturisasi organisasi di Kantor Pusat dan menguatkan fungsi Kantor Cabang.
  4. Menjalankan sertifikasi ISO 9001-2000 untuk Garuda Cargo SBU
  5. Mendukung kerjasama program IOSA
  6. Mengimplementasikan EDI e-Freight
  7. Mengembangkan proses seleksi kandidat, dengan cara menguji melalui strategic partnership assessment (alat test  yang menguji efektifitas kemitraan) dan mengimplementasikan perubahan manajemen
  8. Belly Space Rate (BSR)


Citilink SBU
Citilink menyediakan maskapai perjalanan bertarif rendah, dengan target segmen wisatawan pada pasar domestik yang memiliki anggaran rendah  namun jumlahnya secara konsisten terus meningkat. Restrukturisasi destinasi pertama kalinya diprakarsai pada bulan Juni 2007 dengan membangun pusat jaringan maskapai di Batam. Restrukturisasi destinasi didasari oleh keuntungan, segmen pasar, iklim yang kompetitif, serta keberadaan perusahaan berdasarkan tujuan utamanya.  </div>



Leave a Reply

Best wishes !!
Thank you for your visit.!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

CARI DISINI

myAds1

Popular Post

Blogger templates

cbox

close

Blogroll

Comments
Comments
Blogger Widgets

bunnga

ARTIKEL

Arsip Blog

Blogger templates

CARI DI SINI

Blog Archive

Powered by Blogger.

About

Blogroll

- Copyright © umam bakry -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -