Posted by : M ULUL AZMI UMAM
Friday, 31 March 2017
MAKALAH
PENGANTAR BISNIS
Di susun oleh :
MUH.ULUL
AZMI UMAM
Nim :
13.11.1523
F/MTU/1
AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI
YOGYAKARTA
2O11
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdullilah penyusun panjatkan atas
kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat
menyelesaikan makalah ini guna memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis
Maka dari itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada bapak
dosen yang telah memberi bimbingan
berupa materi, orang tua, dan juga teman-teman yang telah memberi saran,
sehingga penyusun dapat menyelesaikannya. Demi kesempurnaan makalah ini,
penulis mengharapkan saran dan kritik dari teman-teman.
Dengan demikian, penulis berharap makalah ini dapat
bermanfaat dan menambah wawasan pembaca mengenai bisnis dalam kehidupan kita.
yogyakarta,
15 Oktober 2011
penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................
i
KATA
PENGANTAR...........................................................................................
ii
DAFTAR
ISI.........................................................................................................
iii
BAB I
Pendahuluan
A.Latar belakang
masalah.......................................................... 1
B.Tujuan
penulisan...................................................................... 2
BAB II Kajian
Teori
A. Pengertian
bisnis..............................................................................4-5
B. Tujuan
bisnis................................................................................... 5
C. Fungsi
bisnis....................................................................................5-6
D Jenis-jenis
kegiatan dalam
bisnis................................................... 11
E. Bentuk dasar
kepemilikan bisnis..................................................... 6-9
F. Aspek-aspek
bisnis dan karakteristik.................................. ............9-10
G. Faktor-faktor
yang menentukan iklim bisnis.................................... 10
BAB IV Penutup
A.
Kesimpulan....................................................................................... 14
B. Saran dan
Kritik................................................................................
14
Daftar
Pustaka......................................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Masalah
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah
pengangguran di Indonesia
menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi
problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat
berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri yang impikan, tetapi pekerjaan
kita tidak hanya pegawai negeri saja masih banyak pekerjaan yang bisa
kita lakukan misalnya pewirausaha atau pengusaha
B.Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dalam membuat makalah ini adalah :
1.
Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis
2.
Mengajak para mahasiswa dalam menjalankan bisnis yang
baik dan benar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Bisnis
Bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,
untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari
kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”.
Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan
keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh
pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan
kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi,
bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan
pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu
kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang
menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa
tokoh diantaranya :
Menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas
yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan
mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang
diinginkan konsumen. (2004)
Menurut Glos, Steade dan Lowry: Bisnis merupakan
jumlah seluruh kegiatan yan diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung
dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk
kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
Menurut Musselman dan Jackson: Bisnis merupakan suatu aktivitas
yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan
diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
B.Tujuan bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha
,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen
yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah
mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan
dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
C.Fungsi Bisnis
Bisnis mempunyai fungsi menurut
tokoh dan fungsi dalam mikro dan makro, yakni:
a.Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan
oleh aktivitas bisnis dapat dikelompokkan ke dalam tiga
fungsi dasar, yaitu :
1. Acquiring Raw Materials ( memperoleh
bahan baku)
Dalam membuat roti kita memerlukan tepung
terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk
membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk
membuatnya.
2. Manufacturing Raw Materials into products
Setelah bahan baku
yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya :
Dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
3. Distributing Products to Consumers
Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
D
Jenis –jenis kegiatan dalam bisnis
Dalam menjalankan bisnis kita dihadapi oleh tiga jenis kegiatan
dalam berbisnis, yaitu :
a. Produksi
Adalah menghasilkan suatu barang dan jasa yang diperlukan oleh
konsumen.
b. Distribusi
Adalah menyalurkan atau mendistribusikan barang dan jasa untuk
dikonsumsi konsumen
c. Konsumsi
Adalah pelaku yang merasakan barang dan jasa yang ia perlukan.
D.
Elemen-Elemen Dalam Sistem Bisnis
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1. Modal ( Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu
transaksi.
2. Bahan-bahan ( Materials )
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis
untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas
tinggi.
4. Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja
manajemen.
E. Bentuk dasar
kepemilikan Bisnis
Ada
beberapa bentuk kepemilikan bisnis yang dianggap umum, diantaranya :
1.Perusahaan perseorangan,
yaitu bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh
satu orang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua resiko
dan jalannya kegiatan perusahaan.
2. Persekutuan ( firma )
Adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja
sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit.
3. Persekutuan Komanditer ( CV)
Adalah
persekutuan dua orang atau lebih untuk mendirikan usaha dimana satu atau
beberapa orang sebagai sekutu yang hanya menyerahkan modal dan sekutu lain
menjalankan perusahaan.
4. Perseroan Terbatas ( PT)
Adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa
orang dan diawasi oleh dewan direktur dan dengan memperoleh modal dengan
mengeluarkan sero ( saham ) dimana setiap orang dapat memiliki satu atau lebih
saham.
5. Koperasi
Adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum
koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus
sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
. Sumber keuangan koperasi berasal dari :
1. Anggota
koperasi,
2. Pinjaman,
3. Hasil usaha,
dan
4. Penanam modal.
c. Koperasi
bertujuan untuk menyejahterahkan anggotanya.
Adapun macam bisnis diantananya adalah sebagai berikut :
a. Manufaktur
Adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari
barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual
untuk mendapatkan keuntungan.
b. Bisnis Jasa
Adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan
mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka
berikan.
c. Pengecer dan Distributor
Adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang
antara produsen dengan konsumen .
d. Bisnis Pertanian dan pertambangan
Adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah .
e. Bisnis Finansial
Adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi
dan pengelolaan modal.
f. Bisnis informasi
Adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan terutama dari
penjualan-kembali properti intelektual.
g. Utilitas
Adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik,
seperti listrik dan air yang didanai oleh pemerintah.
h. Bisnis Real Estate
Adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara
menjual, menyewakan, dan mengembangkan
properti, rumah, dan bangunan.
i. Bisnis transportasi
Bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara
mengantarkan barang atau individudari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
F. Aspek-aspek Bisnis dan Karakteristik Bisnis
Bisnis memiliki empat aspek yang harus kita ketahui, yaitu :
a. Kegiatan individu dan
kelompok,
b. Penciptaan nilai,
c. Penciptaan barang dan jasa,
dan
d. Keuntungan melalui transaksi.
Adapun karakteristik yang dimiliki oleh bisnis yang
terdiri dari tiga karakterisktik, yakni :
a. Kompleksitas
dan keanekaragaman,
b. Saling
ketergantungan, dan
c. Perubahan dan
inovasi.
G. Faktor- faktor yang
menentukan iklim bisnis
Ada tiga faktor yang menentukan iklim bisnis dalam berbisnis,
diantaranya:
a. Investasi
Penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
b. Tabungan
Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan
menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti
semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
c.Pemerintah
Pemerintah berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah,
memiliki dua kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi bisnis , yaitu :
1. Kebijaksanaan Fiskal
Digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (
mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah ( meningkatkan
permintaan ),
2. Kebijaksanaan Moneter
Berkaitan dengan pengelolaan supply ( penawaran ) uang untuk
meningkatkan atau menurunkan permintaan.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Bisnis adalah suatu kegiatan atau organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk
mendapatkan laba. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa
menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja
komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga, kita tidak
mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan.
Misalnya, Bisnis warnet merupakan salah satu bisnis yang paling laris
saat ini, banyak orang- orang yang memerlukan akses internet yang cepat
dan terjangkau harganya. Dengan demikian, warnet seperti inilah
yang menjadi solusi bagi masyarakat menengah ke bawah. Namun ada kelemahan
juga dalam membuka warnet, misalnya saat ada gangguan koneksi maka hal
itu akan terganggu ke semua user di warnet tersebut. Ada juga dampak negatif
bagi anak- anak yang sering bermain game online yaitu sulitnya belajar,
berkonsentrasi, merusak organ mata, dan sulitnya tidur.
B.Saran dan Kritik
Makalah ini jauh dari kesan sempurna oleh karena itu kritik dan
saran sangant penyusun harapan untuk
perbaiakan di masa yang aka datang
Related Posts :
- Back to Home »
- makalah , penerbangan »
- MAKALAH PENGANTAR BISNIS (PENGABIS)