Posted by : M ULUL AZMI UMAM Monday, 17 September 2018


LAPORAN TUGAS AKHHIR


ANALISIS TINGKAT KUALITAS KINERJA PETUGAS PEMBUATAN TANDA IJIN MASUK BANDAR UDARA  (PAS /STICKER) PADA PT.(Persero)  ANGKASA PURA I  BANDAR UDARA
INTERNASIONAL  AHMAD YANI SEMARANG
 
Image result for amayogyakarta








Di susun oleh :
MUH.ULUL AZMI UMAM
NIM : 13.11.1523

 KONSENTRASI MANAJEMEN ADMINISTRASI TRANSPORTASI UDARA
PROGRAM STUDI MANAJEMEN ADMINISTRASI
AKADEMI MANAJEMEN ADMINISRASI
YOGYAKARTA
2014LAPORAN TUGAS AKHHIR

ANALISIS TINGKAT KUALITAS KINERJA PETUGAS PEMBUATAN TANDA IJIN MASUK BANDAR UDARA  (PAS /STICKER) PADA PT.(Persero)  ANGKASA PURA I  BANDAR UDARA
INTERNASIONAL  AHMAD YANI SEMARANG
 








Di susun oleh :
MUH.ULUL AZMI UMAM
NIM : 13.11.1523

 KONSENTRASI MANAJEMEN ADMINISTRASI TRANSPORTASI UDARA
PROGRAM STUDI MANAJEMEN ADMINISTRASI
AKADEMI MANAJEMEN ADMINISRASI
YOGYAKARTA
2014

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Seiring dengan perkembangan transportasi yang sangat pesat dewasa ini perusahaan di tuntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan yang ada, agar  tujuan perusahaan atau organisasi dapat dicapai dengan seoptimal mungkin, selain harus dapat meningkatkan pelayanan terhadap pihak lain atau organisasi lain sebagai mitra yang terkait namun untuk memerlukan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari organisasi tersebut.Dalam pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan tersebut factor keamanan yang ada didalamnya tidak dapat diabaikan karena unsur yang terpenting selain faktor – factor lainnya.
            Salah satu factor pendukung utama dalam keberhasilan pengelolaan dan pengusahaan Bandar udaraadalah factor keselamatan dan ketertiban atau keamanan.Airport Operation And readiness Departement PT Angkasa Pura I (Persero) bertanggung jawab menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan bandara.Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut adalah penerbitan pas bandara.Pas Bandara merupakan tanda izin masuk orang secara harian (pas sementara/temporary), bulanan, tahunan dan kendaraan bermotor di bandara dengan kebutuhannya yang pemberiannya disesuaikan dengan jenis kebutuhannya.
            Pas Bandara bukan hanya sebagai tanda izin masuk tetapi merupakan security control  bagi Sekuriti Bandara untuk mengontrol atau memantau orang/kendaraan bermotor di area terbatas, sehingga keamanan dan keselamatan penerbangan lebih terjamin.
            Penerbitan pas dapat berjalan dengan lancar jika memenuhi syarat-syarat dan prosedur penerbitan yang telah ditentukan. Apabila penerbitan tidak berjalan lancar akan berakibat pemohon pas akan terlambat memperoleh tanda ijin masuk (PAS), di sisi lain bagi PT Angkasa Pura I (Persero)juga akan repot karena administrasi penerbitan pas menjadi lambat dan pengawasan terhadap keluar masuknya pengunjung bandara tidak dapat berjalan dengan lancar.
            Program Pengamanan Bandar Udara bertujuan untuk menjaga keamanan, keselamatan, keteraturan, dan efisiensi penerbangan sipil di Indonesia dengan memberikan perlindungan dan penjagaan terhadap penumpang, awak pesawat,  petugas di darat, dan masyarakat serta instalasi vital di daerah lingkungan kerja Bandar Udara Internasional Ahmad Yanis Semarangdari ancaman gangguan melawan hukum serta memberikan perlindungan terhadap operator pesawat udara dari tindakan melawan hukum.Upaya pengamanan (security control) adalah upaya pencegahan terhadap penyusupan senjata, bahan peledak atau bahan-bahan lain yang mungkin digunakan untuk melakukan tindakan gangguan melawan hukum
           
            Setiap Badan Hukum Indonesia yang melakukan kegiatan usaha di bandara dan memiliki fasilitas di daerah sisi udara meliputi: landasan pacu (runway), landasan hubung (taxiway), tempat parkir pesawat (apron), runway strip, fasilitas pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP – PK) atau daerah lain yang menuju atau berbatasan dengan sisi udara harus bertanggung jawab terhadap pengawasan pengamanan sesuai Program Pengamanan Bandar Udara.Pengelola bandar udara harus selalu meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa bandara agar tercapai kepuasan pengguna jasa bandara. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan tidak hanya menekankan pada aspek transaksi tetapi juga pada aspek relational.
            Kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang sangat berharga demi mempertahankan eksistensi perusahaan di masa yang akan datang. Layanan yang diberikan kepada pelanggan akan menimbulkan puas tidaknya seorang pelanggan atas pelayanan yang diberikan.
            Pas Bandara merupakan Tanda Izin Masuk Bandara yang dapat memberikan informasi terhadap Pihak Avsec (Aviation Security) untuk Memantu mempermudah mengontrol keamanan bandara. Prsoedur pelayanan Pembuatan Pas Bandara di bandara Ahmad Yani Semarang ini akan sekaligus menjadi topic dalam pembahasan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL).


Praktek Kerja Lapangan (PKL) di laksanakan di PT.AngkasaPura I (Persero), Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan objek : Airport service section Unit Pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) Bandara pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Mulai dari tanggal 05 Februari 2014 sampai dengan 31 Maret 2014.

B.     Rumusan Masalah
                 Pada Laporan ini penulis mencoba menganalisis kelayakan proses pelayanan pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) melalui pendapat 50 responden dengan membagikan kuisioner tentang pelayanan terhadap Proses pembuatan tanda ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker) Bandara di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.
maka dalam penulisan Laporan praktik kerja lapangan ini peenulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana prosedur pelayanan  pembuatan tanda ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker) Bandara di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang?
2.    Bagaimana Indeks Kepuasan terhadap Pelayanan  pembuatan tanda ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker) Bandara di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ?


C.    BatasanMasalah
                  Dalam LaporanTugas Akhir ini penulis membatasi masalah pada Airport service section Bandar Udara khususnya unit Pembuatan Pas Bandara di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir (LTA) ini, penulis menguraikan tentang aktifitas unit Pembuatan Pas Bandara dalam mengatur, Menangani , dan mengendalikan semua aktifitas yang ada mengenai Pas Bandara di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang

D.    TujuanPenulisan
                 Adapun tujuan penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah
1.         Untuk Tugas Akhir perkuliahan Sebagai Syarat memperoleh Gelar Ahli Madya Manajemen Administrasi transportasi Udara AMA yogyakarta
2.         Untuk mengetahui Prosedur Pelayanan dan Kualitas Pelayanan  Pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker)Di PT. Angkasa Pura I (persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.
3.         Untuk mengetahui tingkat kepuasaan pengguna terhadap pelayanan yang di berikan saat pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) Di bandar Udara Ahmad Yani Semarang.
4.         Mengetahui persentase kepuasan pengguna Pas / sticker per unsur pelayanan

E.     Manfaat Penulisan
Beberapa manfaat yang diperoleh dari penulisan ini adalah :
1.      Bagi Perusahaan
a.       Dengan hasil penulisan Laporan Praktik kerja lapangan (PKL) yang dilakukan oleh mahasiswa pada perusahaan terkait, dapat dijadikan evaluasi kerja perusahaan dalam upaya meningkatkan pelayanan perusahaan di masa depan.
b.      Membantu perusahaan yang dijadikan objek Praktek Kerja Lapangan dalam melaksanakan kerja sehingga tugas karyawan menjadi lebih ringan dan dapat terselesaikan tepat waktunya.
2.      Bagi Akademik
a.       Untuk menambah dan memperluas hubungan dengan intansi terkait
b.      Memberikan sumber-sumber pemikiran baru yang dapat dipergunakan bagi mahasiswa dalam proses belajar, sehingga wawasan pengetahuan mahasiswa menjadi lebih luas.
c.       Sebagai bahan perbandingan dalam penelitian dimasa mendatang.
3.      Bagi Mahasiswa
a.       Menambah ilmu dan wawasan baru dari hasil praktek kerja lapangan yang penulis lakukan sehingga dapat dijadikan bekal nantinya dalam bekerja khususnya di dunia penerbangan.
b.      Penulis diberikan kepercayaan untuk dapat terjun langsung dalam dunia kebandarudaraan, hal tersebut sangat berguna sekali di dunia kerja nantinya khususnya di bidang penerbangan.

F.     Metode Penulisan
1.      Obyek Penulisan Laporan
Pada Airport service section PT. (Persero) Angkasa Pura I unit pembuatan Pas / sticker Bandara Bandara Internasional Ahmad Yani  Semarang.
2.      Data Yang Di Gunakan
a.       Data Primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber asalnya. Data primer diperoleh melalui :
1)      Observasi, yaitu pengumpulan data dalam kegiatan penelitian yang dilakukan dengan mengamati kondisi yang berkaitan dengan proses pembuatan Pas/sticker di Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang.
2)      Interview atau wawancara mendalam, yaitu mengadakan wawancara langsung dengan petugas / tim pas yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang berbagai aspek yang berhubungan dengan proses pembuatan Pas/sticker di Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang..
b.      Data Sekunder adalah data yang telah diolah sebelumnya yang diperoleh dari studi keputakaan maupun studi dokumentasi. Adapun data sekunder diperoleh melalui :
1)      Studi Pustaka, yaitu bersumber dari hasil bacaan literatur atau buku-buku atau data terkait dengan proses pembuatan Pas/sticker di Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang..
2)      Dokumentasi, yaitu arsip-arsip, laporan tertulis atau daftar inventaris yang diperoleh terkait proses pembuatan Pas/sticker di Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang..
3.      Metode Pengumpulan Data
a.       Metode Wawancara
Teknik wawancara merupakan kegiatan tanya jawab atau interview yang dilakukan secara bebas namun terarah dengan kata lain pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sudah dipersiapkan sebelumnya dan jika diperlukan pertanyaan tersebut dapat berkembang melihat situasi dan kondisi di lapangan. Melalui teknik ini, penulis dapat mengetahui lebih jauh tentang sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas / Tim Pas /sticker  bandara di Unit Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi.

b.      Metode Observasi
Teknik ini dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara langsung di Unit Airport Service section  PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang  atas gejala-gejala yang ada kaitannya dengan objek Penulisan laporan , sehingga melalui proses ini penulis berusaha mendapatkan data yang dibutuhkan. Observasi dilakukan untuk menjajaki masalah yang dipilih dalam penelitian. Jadi berfungsi sebagai eksplorasi. Dari hasil ini kita dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang masalah dan petunjuk yang dibutuhkan.
c.       Studi Kepustakaan
Studi Kepustakaan (Library Research), yaitu dengan membaca buku, majalah, Browsing, dokumen-dokumen, undang-undang dan media informasi lain yang ada hubungannya dengan prosedur pelayanan pembuatan pas /Sticker.
d.      Kuesioner
Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan secara tertulis terhadap responden

G.    Sistematika Penulisan
              Sistematika penulisan yang di terapkan dalam penulisan laporan kerja praktek dengan judul Analisis tingkat Kualitas pelayanan Proses Pembuatan Tanda Ijin Masuk  Bandara (Pas /Sticker) Pada PT.(Persero) Angkasa Pura I  Bandar Udara Internasional  Ahmad Yani Semarang adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dibahas mengenai Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah,Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan, Metode Penulisan, Dan Sistematika Penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dibahas mengenai Kualitas Pelayanaan,dan Indeks Kepuasan Masyarakat serta  Ruang Lingkup Bandara ,pengklasifikasian  area-area bandara,tanda izin masuk bandara ,ketentuan dan persayaratan masuk bandara,prosedur permohonan izin masuk (Pas Bandara) sampai proses penerimaan Pas bandara berdasarkan Standart Operating prcedure (SOP)
BAB III GAMBARAN UMUM
Bab ini berisi tentang ikhtisar perusahaan, sejarah perusahaan, visi dan misi,struktur organisasi, sarana dan prasarana.
BAB IV  TEMUAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang analisa kelayakan pelayanan pembuatan pas bandara beserta pembahasan hasil analisa hingga deskripsi hasil
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dari uraian yang dibahas pada bab IV dan saran untuk PT. (Persero) Angkasa Pura I cabang Bandara Ahmad Yani Semarang untuk kemajuan perusahaan.

Leave a Reply

Best wishes !!
Thank you for your visit.!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

CARI DISINI

myAds1

Popular Post

Blogger templates

cbox

close

Blogroll

Comments
Comments
Blogger Widgets

bunnga

ARTIKEL

Arsip Blog

Blogger templates

CARI DI SINI

Blog Archive

Powered by Blogger.

About

Blogroll

- Copyright © umam bakry -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -