Posted by : M ULUL AZMI UMAM
Monday, 17 September 2018
LAPORAN
TUGAS AKHHIR
ANALISIS
TINGKAT KUALITAS KINERJA PETUGAS PEMBUATAN TANDA IJIN MASUK BANDAR UDARA (PAS /STICKER)
PADA PT.(Persero) ANGKASA PURA I BANDAR UDARA
INTERNASIONAL
AHMAD YANI SEMARANG
Di
susun oleh :
MUH.ULUL AZMI UMAM
NIM : 13.11.1523
KONSENTRASI MANAJEMEN ADMINISTRASI
TRANSPORTASI UDARA
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN ADMINISTRASI
AKADEMI
MANAJEMEN ADMINISRASI
YOGYAKARTA
2014 LAPORAN
TUGAS AKHHIR
ANALISIS
TINGKAT KUALITAS KINERJA PETUGAS PEMBUATAN TANDA IJIN MASUK BANDAR UDARA (PAS /STICKER)
PADA PT.(Persero) ANGKASA PURA I BANDAR UDARA
INTERNASIONAL
AHMAD YANI SEMARANG
Di
susun oleh :
MUH.ULUL AZMI UMAM
NIM : 13.11.1523
KONSENTRASI MANAJEMEN ADMINISTRASI
TRANSPORTASI UDARA
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN ADMINISTRASI
AKADEMI
MANAJEMEN ADMINISRASI
YOGYAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring
dengan perkembangan transportasi yang sangat pesat dewasa ini perusahaan di tuntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan yang ada, agar tujuan perusahaan atau organisasi dapat dicapai dengan seoptimal mungkin, selain harus dapat meningkatkan pelayanan terhadap pihak lain
atau organisasi lain sebagai mitra yang terkait namun untuk memerlukan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari organisasi tersebut.Dalam pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan tersebut factor keamanan yang ada didalamnya tidak dapat diabaikan karena unsur yang
terpenting selain faktor – factor lainnya.
Salah satu factor pendukung utama dalam keberhasilan pengelolaan dan pengusahaan Bandar udaraadalah factor keselamatan dan ketertiban atau keamanan.Airport
Operation And readiness Departement PT Angkasa Pura I (Persero)
bertanggung jawab menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan bandara.Salah satu kegiatan yang
berhubungan dengan hal tersebut adalah penerbitan pas bandara.Pas Bandara merupakan tanda izin
masuk orang secara harian (pas sementara/temporary), bulanan, tahunan dan kendaraan bermotor di bandara
dengan kebutuhannya yang
pemberiannya disesuaikan dengan jenis kebutuhannya.
Pas Bandara bukan hanya
sebagai tanda izin masuk tetapi merupakan security control bagi Sekuriti Bandara untuk mengontrol atau
memantau orang/kendaraan bermotor di area terbatas, sehingga
keamanan dan keselamatan penerbangan lebih terjamin.
Penerbitan pas dapat berjalan dengan
lancar jika memenuhi syarat-syarat dan prosedur penerbitan
yang telah ditentukan. Apabila penerbitan tidak berjalan lancar
akan berakibat pemohon pas akan terlambat memperoleh tanda ijin masuk (PAS), di sisi lain bagi PT
Angkasa Pura I (Persero)juga akan repot karena administrasi penerbitan pas menjadi lambat dan pengawasan terhadap keluar masuknya
pengunjung bandara tidak dapat berjalan dengan lancar.
Program Pengamanan Bandar Udara bertujuan untuk menjaga keamanan, keselamatan, keteraturan, dan efisiensi
penerbangan sipil di Indonesia dengan memberikan perlindungan dan penjagaan
terhadap penumpang, awak pesawat,
petugas di darat, dan masyarakat serta instalasi vital di daerah lingkungan
kerja Bandar Udara Internasional Ahmad Yanis Semarangdari ancaman gangguan
melawan hukum serta memberikan perlindungan terhadap operator pesawat udara
dari tindakan melawan hukum.Upaya
pengamanan (security control) adalah upaya
pencegahan terhadap penyusupan senjata, bahan peledak atau bahan-bahan lain
yang mungkin digunakan untuk melakukan tindakan gangguan melawan hukum
Setiap
Badan Hukum Indonesia yang melakukan kegiatan usaha di bandara dan memiliki
fasilitas di daerah sisi udara meliputi:
landasan pacu (runway), landasan hubung (taxiway), tempat parkir pesawat (apron), runway strip, fasilitas pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP – PK) atau daerah lain yang menuju atau berbatasan
dengan sisi udara harus bertanggung jawab terhadap pengawasan pengamanan sesuai
Program Pengamanan Bandar Udara.Pengelola bandar udara harus
selalu meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa bandara agar tercapai kepuasan
pengguna jasa bandara. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan tidak
hanya menekankan pada aspek transaksi tetapi juga pada aspek relational.
Kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang sangat
berharga demi mempertahankan eksistensi perusahaan di masa yang akan datang.
Layanan yang diberikan kepada pelanggan akan menimbulkan puas tidaknya seorang
pelanggan atas pelayanan yang diberikan.
Pas Bandara merupakan Tanda
Izin Masuk Bandara yang dapat memberikan informasi terhadap Pihak Avsec (Aviation Security) untuk Memantu mempermudah mengontrol keamanan
bandara. Prsoedur
pelayanan Pembuatan Pas Bandara di bandara Ahmad Yani Semarang ini akan sekaligus menjadi topic dalam pembahasan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Praktek Kerja Lapangan (PKL)
di laksanakan di PT.AngkasaPura I (Persero), Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan objek : Airport service section Unit Pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) Bandara pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Mulai dari tanggal 05 Februari 2014 sampai dengan 31 Maret 2014.
B. Rumusan
Masalah
Pada Laporan ini penulis mencoba
menganalisis kelayakan proses pelayanan pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) melalui pendapat 50 responden dengan membagikan kuisioner
tentang pelayanan terhadap Proses pembuatan tanda ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker) Bandara di Bandara Internasional Ahmad Yani
Semarang.
maka dalam penulisan Laporan praktik kerja
lapangan ini peenulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana
prosedur pelayanan pembuatan tanda
ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker)
Bandara di Bandara Internasional Ahmad Yani
Semarang?
2.
Bagaimana
Indeks Kepuasan terhadap Pelayanan pembuatan
tanda ijin masuk bandar Udara (Pas/sticker)
Bandara di
Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ?
C. BatasanMasalah
Dalam LaporanTugas Akhir ini
penulis membatasi masalah pada Airport
service section Bandar
Udara khususnya
unit Pembuatan Pas Bandara di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir
(LTA) ini, penulis menguraikan tentang aktifitas
unit Pembuatan Pas Bandara dalam mengatur, Menangani , dan mengendalikan semua aktifitas yang ada mengenai Pas Bandara di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang
D. TujuanPenulisan
Adapun tujuan penulisan Laporan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah
1.
Untuk Tugas Akhir
perkuliahan Sebagai Syarat memperoleh Gelar Ahli Madya Manajemen Administrasi
transportasi Udara AMA yogyakarta
2.
Untuk mengetahui
Prosedur Pelayanan dan Kualitas Pelayanan Pembuatan Tanda ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker)Di PT. Angkasa Pura I (persero)
Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.
3.
Untuk mengetahui
tingkat kepuasaan pengguna terhadap pelayanan yang di berikan saat pembuatan Tanda
ijin Masuk Bandara (Pas / Sticker) Di
bandar Udara Ahmad Yani Semarang.
4.
Mengetahui
persentase kepuasan pengguna Pas / sticker
per unsur pelayanan
E.
Manfaat Penulisan
Beberapa manfaat yang diperoleh dari penulisan ini adalah
:
1.
Bagi Perusahaan
a.
Dengan
hasil penulisan Laporan Praktik
kerja lapangan (PKL) yang dilakukan
oleh mahasiswa pada perusahaan terkait, dapat dijadikan evaluasi kerja
perusahaan dalam upaya meningkatkan pelayanan perusahaan di masa depan.
b.
Membantu
perusahaan yang dijadikan objek Praktek Kerja Lapangan dalam melaksanakan kerja
sehingga tugas karyawan menjadi lebih ringan dan dapat terselesaikan tepat
waktunya.
2.
Bagi
Akademik
a.
Untuk menambah dan memperluas hubungan dengan intansi terkait
b.
Memberikan sumber-sumber pemikiran baru yang
dapat dipergunakan bagi mahasiswa dalam proses belajar, sehingga wawasan pengetahuan mahasiswa menjadi lebih luas.
c.
Sebagai
bahan perbandingan dalam penelitian dimasa mendatang.
3.
Bagi
Mahasiswa
a.
Menambah
ilmu dan wawasan baru dari hasil praktek kerja lapangan yang penulis lakukan
sehingga dapat dijadikan bekal nantinya dalam bekerja khususnya di dunia
penerbangan.
b.
Penulis
diberikan kepercayaan untuk dapat terjun langsung dalam dunia kebandarudaraan,
hal tersebut sangat berguna sekali di dunia kerja nantinya khususnya di bidang
penerbangan.
F. Metode
Penulisan
1.
Obyek Penulisan
Laporan
Pada Airport service section PT. (Persero)
Angkasa Pura I unit pembuatan Pas / sticker
Bandara Bandara Internasional Ahmad Yani
Semarang.
2.
Data Yang Di
Gunakan
a.
Data Primer yaitu data yang
diperoleh langsung dari sumber asalnya. Data primer diperoleh melalui :
1)
Observasi, yaitu pengumpulan
data dalam kegiatan penelitian yang dilakukan dengan mengamati kondisi yang
berkaitan dengan proses pembuatan Pas/sticker
di Airport Service section PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad
Yani Semarang.
2)
Interview atau wawancara
mendalam, yaitu mengadakan wawancara langsung dengan petugas / tim pas yang
bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang berbagai
aspek yang berhubungan dengan proses pembuatan Pas/sticker di Airport Service
section PT.persero Angkasa Pura I
Bandar Udara Ahmad Yani Semarang..
b.
Data Sekunder adalah data yang
telah diolah sebelumnya yang diperoleh dari studi keputakaan maupun studi
dokumentasi. Adapun data sekunder diperoleh melalui :
1)
Studi Pustaka, yaitu bersumber
dari hasil bacaan literatur atau buku-buku atau data terkait dengan proses
pembuatan Pas/sticker di Airport Service section PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad
Yani Semarang..
2)
Dokumentasi, yaitu arsip-arsip,
laporan tertulis atau daftar inventaris yang diperoleh terkait proses pembuatan
Pas/sticker di Airport Service section
PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang..
3.
Metode Pengumpulan
Data
a.
Metode Wawancara
Teknik wawancara merupakan kegiatan
tanya jawab atau interview yang dilakukan secara bebas namun terarah dengan
kata lain pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sudah dipersiapkan sebelumnya dan
jika diperlukan pertanyaan tersebut dapat berkembang melihat situasi dan
kondisi di lapangan. Melalui teknik ini, penulis dapat mengetahui lebih jauh
tentang sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas / Tim Pas /sticker bandara di Unit Airport Service section
PT.persero Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang serta
faktor-faktor apa yang mempengaruhi.
b.
Metode Observasi
Teknik ini dilakukan dengan mengamati dan mencatat
secara langsung di Unit Airport Service
section PT.persero Angkasa Pura I
Bandar Udara Ahmad Yani Semarang atas
gejala-gejala yang ada kaitannya dengan objek Penulisan laporan , sehingga
melalui proses ini penulis berusaha mendapatkan data yang dibutuhkan. Observasi
dilakukan untuk menjajaki masalah yang dipilih dalam penelitian. Jadi berfungsi
sebagai eksplorasi. Dari hasil ini kita dapat memperoleh gambaran yang jelas
tentang masalah dan petunjuk yang dibutuhkan.
c.
Studi Kepustakaan
Studi Kepustakaan (Library Research), yaitu dengan
membaca buku, majalah, Browsing,
dokumen-dokumen, undang-undang dan media informasi lain yang ada hubungannya
dengan prosedur pelayanan pembuatan pas /Sticker.
d.
Kuesioner
Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan data dengan
menggunakan daftar pertanyaan secara tertulis terhadap responden
G. Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan yang di
terapkan dalam penulisan laporan kerja praktek dengan judul “Analisis
tingkat Kualitas pelayanan Proses Pembuatan Tanda Ijin Masuk Bandara (Pas /Sticker) Pada PT.(Persero) Angkasa
Pura I Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang” adalah sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dibahas mengenai Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah,Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan, Metode Penulisan, Dan Sistematika Penulisan.
BAB
II LANDASAN
TEORI
Dalam bab ini akan dibahas mengenai Kualitas Pelayanaan,dan Indeks Kepuasan Masyarakat
serta Ruang Lingkup Bandara ,pengklasifikasian
area-area bandara,tanda izin masuk
bandara ,ketentuan dan persayaratan masuk bandara,prosedur permohonan izin
masuk (Pas Bandara) sampai proses penerimaan Pas bandara berdasarkan Standart Operating prcedure (SOP)
BAB
III GAMBARAN
UMUM
Bab ini berisi tentang ikhtisar perusahaan, sejarah perusahaan, visi dan misi,struktur organisasi, sarana dan prasarana.
BAB
IV TEMUAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang analisa kelayakan
pelayanan pembuatan pas bandara beserta pembahasan hasil analisa hingga
deskripsi hasil
BAB
V KESIMPULAN
DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dari uraian yang dibahas pada bab IV dan saran untuk
PT. (Persero) Angkasa Pura I cabang Bandara Ahmad Yani
Semarang untuk kemajuan perusahaan.
Related Posts :
- Back to Home »
- laporan , makalah , manajemen , penerbangan »
- Laporan Tugas AKhir PAS BANDARA