BAB I
PENDAHULUAN

A.    Gambaran umum lokasi
1.      Sejarah
Dinas perhubungan Prov. DIY yang beralamat di Jl. Babarsari No.30 didirikan pada  tahun 1989, dan pada saat itu masih dinamakan  kantor wilayah perhubungan.kantor wilayah perhubungan pertama kali di pimpin oleh Made Sudana (1989 - 1992)  kemudian di ganti kan oleh Ch Munandar (1992-2001),
 pada tahun 2001 di bawah kepemimpinan Ir. Setiyoso Harjo Wisastro M.si (2001-2006) kantor Wilayah Perhubungan di ubah menjadi Dinas Perhubungan dan pada tahun 2006 Dinas perhubungan prov.DIY bekerja sama dengan PT.Telkom kemudian di namakkan Dinas Perhubungan dan telekomunikasi. Ir. Setiyoso Harjo Wisastro M.si kemudian di ganti oleh Ir. Mulyo Hadi Kusumo (2006 - 2010)
sejak tahun 2007 Dinas perhubungan Dan telekomunikasi kemudian berubah menjadi Dinas perhubungan komunikasi dan Informatika Prov.DIY. dan Ir. Mulyo Hadi Kusumo di gantikan oleh Ir. Tjipto Haribowo (2010-sekarang)
   
1.   Batas wilayah:
a.       Sebelah Utara               : perkampungan warga  
b.      Sebelah Timur               : perkampungan warga  
c.       Sebelah Selatan                        : kampus ATMA JAYA
d.      Sebelah Barat                :Badan Tekhnologi Nuklir Nasional




2. Keadaan Geografis
a. Keadaan Alam              :
      -  Ketinggian dari permukaan air laut             : + 150 M
      -  Curah hujan rata-rata tiap tahun                  : 2704 mm/Tahun
      -  Topografi                                                     : Dataran Rendah.
      -  Suhu udara rata-rata                                                : 26 0 C s/d 32 0 C
  
b. Keadaan Wilayah :
Desa Babarsari merupakan salah satu dari 3 Desa yang ada di wilayah Kecamatan  Depok

2.  Visi Dan Misi Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Prov.DIY
Visi
Visi pembangunan Pemerintah Provinsi DIY untuk urusan perhubungan, komunikasi dan informatika adalah
Terwujudnya transportasi berkelanjutan yang mendukung pariwisata, pendidikan dan budaya, serta terwujudnya Jogja Cyber Province dan masyarakat informasi yang berbasis pengetahuan di Provinsi DIY.

Misi
Untuk mewujudkan visi sebagaimana tersebut di atas, maka cara-cara yang akan ditempuh atau misi pembangunan perhubungan, komunikasi dan informatika seperti tersebut di bawah ini.
1.      Meningkatkan prasarana dan sarana transportasi yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik;
2.      Mendukung peningkatan efisiensi dan efektivitas tata kelola pemerintahan di Dinas Hubkominfo yang berbasis good governance dengan memanfaatkan teknologi informasi secata optimal;


3.      Jenis Pelayanan
DATA JENIS PELAYANAN DINAS PERHUBUNGAN KOMINFO PROV.DIY
No.
URAIAN
JENIS PELAYANAN
A.
Bidang Postel dan Phb udara
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

8
9

10



Pengawasan dan pengendalian kelancaran angkutan udara;
pengawasan dan pengendalian operasional dan keselamatan penerbangan;
Pengawasan dan pengendalian pengelolaan bandar udara;
Pembinaan terhadap asosiasi sub sektor perhubungan udara;
Pengawasan dan pengendalian sertifikasi kelaikan udara;
Pengawasan dan pengendalian telekomunikasi, navigasi dan listrik;
Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang perhubungan Udara
perumusan kebijakan teknis di bidang pelayanan pos dan telekomunikasi;
penerbitan penyiapan bahan rekomendasi perizanan di bidang pelayanan pos dan telekomunikasi;
penyediaan pelayanan informasi melalui teknologi informatika dan cyber;
penyediaan sarana, prasarana pelayanan pos dan telekomunikasi;
 pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang pos dan telekomunikasi
B.
BIDANG ANGKUTAN
1.
Pemeriksaan Kendaraan Bermotor milik Pemerintah/BUMN/BUMD yang akan dihapus
2.
Izin Angkutan
3.
Rekomendasi Kendaraan Baru
4.
Penyadaranan penghematan energy
5.
Sosialisasi/penyuluhan ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan bagi siswa SMU
C.
BIDANG LALU LINTAS
1.
Pengadaan dan pemasangan fasilitas LLAJ
2.
Pengadaan dan pemasangan rambu
3.
Pengadaan APILL
4.
Pengadaan flashinglamp
5.
Pengadaan Traffic Cone
D.
BIDANG KTSP
1.
Rehabilitasi/pemeliharaan sarana pengujian kendaraan bermotor
2.
3.
4.
5.
Rahabilitasi/pemeliharaan prasarana balai pengujian
Pemeliharaan APILL, Flashing Lamp, Rambu, Halte
Pemeliharaan Marka 1000 m2
Pemeliharaan TPR


F.
Bidang Informasi
1.
2.
Melayani costumer
Menyampaikan informasi kegiatan Dishub Kominfo
 G.
LINGKUP UPTD PLAZA INFORMASI

Penyelenggaraan Layanan Informasi Publik
a.       Pemeliharaan Jaringan Komputer (website Plaza Informasi) Dishubkominfo
b.       Jasa konsultansi Aplikasi Pengembangan SIM Pelayanan Perpustakaan Terintegrasi
H.
BAGIAN UMUM
I.
Bidang Trans jogja



4.       Struktur Organisasi
















MAKALAH PENGANTAR BISNIS (PENGABIS)

Friday 31 March 2017
Posted by M ULUL AZMI UMAM



MAKALAH
PENGANTAR BISNIS



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiji-JM2mJ0aSsIxXSz13Qy__flywOfxV9AHCc9Z6wSBT1Cb3_d-dTRRTDduG9NRWAvWcqWEAyPmi5A3Ou5esuk1cyQBSi10q822NJmJF86B5oiW5SuIuSojjl5mk5kfKQiyVkteYZg2eU/s320/LOGO+AMAYo.jpg
 









Di susun oleh :
MUH.ULUL AZMI UMAM
Nim       : 13.11.1523
F/MTU/1

AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI
YOGYAKARTA
2O11

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdullilah penyusun panjatkan atas  kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis
Maka dari itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada bapak dosen  yang telah memberi bimbingan berupa materi, orang tua, dan juga teman-teman yang telah memberi saran, sehingga penyusun dapat menyelesaikannya. Demi kesempurnaan makalah ini, penulis mengharapkan saran dan kritik dari teman-teman.
Dengan demikian, penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca mengenai bisnis dalam kehidupan kita.

                                                                          yogyakarta, 15 Oktober 2011

                                                                                    penyusun














                                      DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................     i
KATA PENGANTAR...........................................................................................    ii
DAFTAR ISI.........................................................................................................    iii
BAB I Pendahuluan
A.Latar belakang masalah..........................................................  1
B.Tujuan penulisan...................................................................... 2

BAB II Kajian Teori
A. Pengertian bisnis..............................................................................4-5
B. Tujuan bisnis................................................................................... 5
C. Fungsi bisnis....................................................................................5-6
D Jenis-jenis  kegiatan dalam bisnis...................................................   11
E. Bentuk dasar kepemilikan bisnis.....................................................  6-9
F. Aspek-aspek bisnis dan karakteristik.................................. ............9-10
G. Faktor-faktor yang menentukan iklim bisnis....................................  10

BAB IV Penutup
A. Kesimpulan....................................................................................... 14
B. Saran dan Kritik................................................................................ 14

Daftar Pustaka.........................................................................................  15














BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang  Masalah
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri yang impikan, tetapi pekerjaan kita  tidak hanya pegawai negeri saja masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan misalnya pewirausaha atau pengusaha

B.Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dalam membuat makalah ini adalah :
1. Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis
2.      Mengajak para mahasiswa dalam menjalankan bisnis yang baik dan benar.



















BAB II
PEMBAHASAN
    
A.   Pengertian Bisnis
        Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
         Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :
Menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
 Menurut Glos, Steade dan Lowry: Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yan diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
Menurut Musselman dan Jackson: Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

B.Tujuan bisnis
      Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

C.Fungsi Bisnis
     Bisnis mempunyai fungsi menurut tokoh dan fungsi dalam mikro dan makro, yakni:
a.Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat    dikelompokkan ke dalam tiga fungsi dasar, yaitu :
1.   Acquiring Raw Materials ( memperoleh bahan baku)
     Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk membuatnya.
2.   Manufacturing Raw Materials into products
Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya :  Dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
3.   Distributing Products to Consumers
Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
D      Jenis –jenis kegiatan dalam bisnis
Dalam menjalankan bisnis kita dihadapi oleh tiga jenis kegiatan dalam berbisnis, yaitu :
a.   Produksi
Adalah menghasilkan suatu barang dan jasa yang diperlukan oleh konsumen.
b.   Distribusi
Adalah menyalurkan atau mendistribusikan barang dan jasa untuk dikonsumsi konsumen
c.   Konsumsi
Adalah pelaku yang merasakan barang dan jasa yang ia perlukan.
D.   Elemen-Elemen Dalam Sistem Bisnis
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1.  Modal ( Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.  Bahan-bahan ( Materials )
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.

4.  Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
E.  Bentuk dasar kepemilikan Bisnis
 Ada beberapa bentuk kepemilikan bisnis yang dianggap umum, diantaranya :
1.Perusahaan perseorangan,
yaitu bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh
satu orang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua resiko dan jalannya kegiatan perusahaan.
2.  Persekutuan ( firma )
Adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit.
3.   Persekutuan Komanditer ( CV)
            Adalah persekutuan dua orang atau lebih untuk mendirikan usaha dimana satu atau beberapa orang sebagai sekutu yang hanya menyerahkan modal dan sekutu lain menjalankan perusahaan.
4.    Perseroan Terbatas ( PT)
Adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur dan dengan memperoleh modal dengan mengeluarkan sero ( saham ) dimana setiap orang dapat memiliki satu atau lebih saham.
5.    Koperasi
Adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
.   Sumber keuangan koperasi berasal dari :
1.    Anggota koperasi,
2.    Pinjaman,
3.    Hasil usaha, dan
4.    Penanam modal.
c.    Koperasi bertujuan untuk menyejahterahkan anggotanya.





Adapun macam bisnis diantananya adalah sebagai berikut :
a.  Manufaktur
Adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau     komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan.
b.  Bisnis Jasa
Adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
c.   Pengecer dan Distributor
Adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen .
d.  Bisnis Pertanian dan pertambangan
Adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah .
e.  Bisnis Finansial
Adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
f.    Bisnis informasi
Adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan-kembali properti intelektual.
g.  Utilitas
Adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air yang didanai oleh pemerintah.
h.  Bisnis Real Estate
Adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual,  menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
i.   Bisnis transportasi
Bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individudari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.


F. Aspek-aspek Bisnis dan Karakteristik Bisnis
Bisnis memiliki empat aspek yang harus kita ketahui, yaitu :
a.  Kegiatan individu dan kelompok,
b.  Penciptaan nilai,
c.  Penciptaan barang dan jasa, dan
d.  Keuntungan melalui transaksi.
Adapun karakteristik yang dimiliki oleh bisnis yang terdiri dari tiga karakterisktik, yakni :
a.    Kompleksitas dan keanekaragaman,
b.    Saling ketergantungan, dan
c.    Perubahan dan inovasi.

G. Faktor- faktor yang menentukan iklim bisnis
Ada tiga faktor yang menentukan iklim bisnis dalam berbisnis, diantaranya:
a. Investasi
Penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
b. Tabungan
Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
c.Pemerintah
Pemerintah berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah, memiliki dua kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi bisnis , yaitu :
1.   Kebijaksanaan Fiskal
Digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak ( mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah ( meningkatkan permintaan ),
2.   Kebijaksanaan Moneter
Berkaitan dengan pengelolaan supply ( penawaran ) uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.










BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Bisnis  adalah  suatu kegiatan atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis.  Sehingga, kita  tidak mengalami kerugian atau gulung  tikar dari usaha yang kita jalankan. Misalnya,  Bisnis warnet merupakan salah satu bisnis yang paling laris saat ini, banyak orang- orang yang memerlukan akses internet yang cepat  dan terjangkau harganya.  Dengan demikian,  warnet seperti inilah yang menjadi solusi bagi masyarakat menengah ke bawah. Namun ada kelemahan juga  dalam membuka warnet, misalnya saat ada gangguan koneksi maka hal itu akan terganggu ke semua user di warnet  tersebut.  Ada juga dampak negatif bagi anak- anak yang sering bermain game online yaitu sulitnya belajar, berkonsentrasi, merusak organ mata, dan sulitnya tidur.

B.Saran dan Kritik
Makalah ini jauh dari kesan sempurna oleh karena itu kritik dan saran sangant penyusun  harapan untuk perbaiakan di masa yang aka datang








CARI DISINI

myAds1

Popular Post

Blogger templates

cbox

close

Blogroll

Comments
Comments
Blogger Widgets

bunnga

ARTIKEL

Arsip Blog

Blogger templates

CARI DI SINI

Blog Archive

Powered by Blogger.

About

Blogroll

- Copyright © umam bakry -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -