Posted by : M ULUL AZMI UMAM
Thursday, 31 October 2013
1. Penerapan
SIM dalam Transportasi
Meningkatkan kualitas pelayanan transportasi darat yang aman, selamat,
mudah dijangkau, berdaya saing dan terintegrasi. Pengelolaan pelayanan
transportasi darat dalam skala nasional merupakan pekerjaan yang kompleks.
Pekerjaan ini harus memperhitungan berbagai sub moda transportasi darat baik
umum maupun pribadi, berbagai event-event rutin maupun khusus yang dapat
meningkatkan beban transportasi darat seperti angkutan lebaran, natal dan tahun
baru, liburan, bencana alam, kondisi operasional di lapangan (kemacetan lalu
lintas yang semakin parah di kota-kota besar dan metropolitan), perkembangan
sarana-prasarana transportasi dan juga tindakan-tindakan pihak-pihak lain yang
dapat mengganggu jalannya pelayanan jasa angkutan darat. Dalam penyelenggaraan
transportasi darat, sangat perlu kecepatan informasi agar setiap permasalahan
dapat diatasi secara cepat dan semaksimal mungkin. Kondisi tersebut perlu dan
harus didukung dengan sistem teknologi informasi untuk transportasi darat yang
handal, yang mampu saling mendukung dan terpadu dengan sistem – sistem lainnya.
Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas di bidang transportasi darat, maka
suatu sistem yang berbasis teknologi informasi yang terintegrasi ditingkta
regionl maupun nasional, merupakan suatu kebutuhan utama, mengingat tantangan
tugas masa depan yang dituntut untuk mampu menyediakan pelayanan.
Transportasi darat dengan cepat, tepat,
konsisten dan mudah selalu tersedia setiap saat (Timely Available). Guna
mewujudkan sistem tersebut, pada saat ini hal tersebut sangat dimungkinkan
dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi yang didukung
pula oleh perkembangan kemampuan sumber daya manusia di Indonesia dalam
penguasaan teknologi informasi.Dalam perencanaan pembangunan transportasi
darat, pemanfaatan data base dengan menggunakan teknologi informasi
berbasis GIS (Geografic Information Sistem) sangat diperlukan. Pada tingkat operasional
guna mengatasi permasalahan lalu lintas di tingkat lokal maka penerapan Program
Aplikasi Pengendalian Lalu Lintas seperti ATCS/ITCS (Area Traffic Control
System/Integrated Traffic Control System), ITS ( Intelegent Transport
System), sedangkan ditingkat regional dan nasional pengembangan
Transportation Management Centre (TMC) merupakan salah satu solusi terbaik dari
sistem teknologi informasi yang dapat dikembangkan. Selain daripada itu
dalam rangka melayani kebutuhan informasi transportasi darat bagi
masyarakat dan penerapan e-governance penggunaan website, call centre,
sms centre merupakan media informasi yang efektif dan effisien sedangkan untuk
kelancaran dan kemudahan pelayanan transportasi darat pengunaan smart card
dimasa datang akan menjadi suatu kebutuhan
.
2.
Pengertian
e-ticketing
E-ticketing atau electronic ticketing
adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas
perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik
ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing
disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline.
Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary
Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam bandara di
Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti
perjalanan. E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan
mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket,
menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen
perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan
teknololgi informasi, internet kini muncul sebagai alternative system
distribusi informasi travel. Internet merupakan m edium yang sempurna untuk
menjual paket perjalanan, karena internet sanggup membawa jaringan supplier
yang luas dan basis kostumer yang besar ke sebuah market place terpusat. Adapun
pengertian lain yaitu E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah
satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Merupakan fasilitas
pemesanan tiket online yang dirancang untuk membantu kelompok masyarakat yang
tidak memiliki akses ke sistem jenis ini .. Hal ini memungkinkan
kelompok-kelompok masyarakat untuk meningkatkan kegiatan dan menjual tiket
secara online melalui situs web Kingston Council.
E-Ticketing sistem untuk
memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs
web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit /
kartu debit. Orang tanpa akses ke internet dapat memesan tiket melalui internet
publik di terminal atau perpustakaan di Pusat Informasi dan Visitor Centre.
Anda tak perlu lagi
menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan ‘keamanan’ tiket penerbangan nantinya.
Lupakan resiko hilangnya tiket, dicuri, tertinggal, atau bahkan tercebur air.
Bahkan E-ticketing memungkinkan anda, membelikan tiket untuk kerabat
pada saat mendadak. Kemudahan yang demikian ini, merupakan bukti komitmen
Garuda Indonesia terhadap konsumennya.
Siapapun dapat membeli tiket
pada sistem online. Anda harus mendaftar pada sistem pembayaran kami untuk
menggunakan sarana. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan membantu Anda
menyimpan data yang Anda telah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman
pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off
daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Anda perlu
mendaftar sebelum Anda dapat mulai menjual tiket. Proses pendaftaran untuk
meminta informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok
masyarakat yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga
memerlukan anda untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket
on-line.
3.
Manfaat
e-ticketing
Saat ini hanya ada beberapa
cara untuk membeli tiket untuk kegiatan kesenian masyarakat. Sistem ini akan
memberikan Anda akses cepat dan mudah untuk berbagai macam acara melalui satu
situs. Ini dapat digunakan untuk membeli tiket menggunakan kredit / kartu debit
dan cek, yang banyak gerai tiket tidak dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini
juga sepenuhnya aman.
Setiap organisasi yang
perencanaan sebuah event dan bertanggung jawab untuk penjualan tiket untuk
aktivitas dapat meningkatkan aktivitas di situs Web. Semua promoters yang
mendaftar akan disetujui oleh administrator sebelum mereka dapat mulai menjual
tiket sehingga hanya mereka yang dapat menunjukkan bahwa mereka yang utama
Acara akan diizinkan untuk mempromosikan acara itu. Sistem ini memungkinkan
Anda untuk mempromosikan aktivitas secara gratis dan menjual tiket untuk acara
ke khalayak yang lebih luas. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu membayar
biaya untuk menyiapkan sistem ini atau administrasi itu. E-ticketing
menyediakan banyak manfaat diantaranya :
a. Biaya Simpanan –
Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke
pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan
pos. Buruh Simpanan - Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan
dan mailing tiket. Potong bawah pada upaya yang diperlukan untuk mengambil
tiket untuk membeli Akan Panggil pesanan.
b. Aman dan Aman
E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu
dan duplikat tiket.
c. Kehadiran sebenarnya Pelaporan
Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri Anda acara dan ketika
mereka tiba.
d. Instant Pengiriman
Tiket pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak
perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat
mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini
membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir
keputusan.
e. Informasi tambahan
E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan,
arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
f. Periklanan
E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan
perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.
Sementara
mempertahankan standar keselamatan yang tinggi merupakan prioritas utama untuk
memastikan keselamatan penerbangan, sejumlah maskapai layanan penuh telah
mengadopsi e-tiket mereka sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan
layanan kepada pelanggan. E-sistem tiket penumpang yang memungkinkan
sebuah buku tiket pesawat untuk mendapatkan salinan mereka terima berisi
catatan Penemu atau reservasi dan nomor e-tiket nomor. Bahwa e-tiket sangat
menguntungkan bagi kedua perusahaan penerbangan dan pelancong. menghilangkan masalah
ini dan biaya yang pelancong pengalaman ketika mereka kehilangan tiket kertas.
Jika sebuah tiket boarding terputus, mendapatkan penggantian sering mudah
seperti naik ke loket tiket dan memberikan Anda nomor konfirmasi untuk baru
satu. Sementara untuk maskapai penerbangan, e-tiket adalah lebih murah dan
lebih efisien metode pengelolaan tiket. Ia menghilangkan manual tugas yang
diperlukan untuk proses dan account untuk kertas tiket penerbangan dan
menyimpan biaya bahan lainnya, seperti tiket jaket. Seorang penumpang yang
memegang e-tiket memiliki pilihan untuk check-in online dan cetak out nya tiket
boarding di rumah atau di kantor. Layanan ini tersedia antara 30 jam dan satu
jam sebelum penumpang jadwal keberangkatan. Dengan manfaat bagi kedua perusahaan
penerbangan dan penumpang, maka tidak mengherankan bahwa semakin banyak
perusahaan penerbangan yang menyiapkan sistem tiket elektronik - sesuatu yang
telah mendapat respon antusias dari penumpang di seluruh dunia.
4.
Langkah-langkah e-ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakuklan
guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana dengan
e-ticketing kita repot mengantri dalam memesan tiket.Langkah-langkah E-Ticketing
sangat praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sabagai seorang mobile,
sibuk dan akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia
bagi anda. Menelepon Call Center maskapai penerbangan yang dipilih.
Langkah berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat
melakukannya melalui ATM, serta credit card. Call Center yang
menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit card. Terjamin semua
informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda terima
perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di seluruh kantor penjualan tiket
maskapai penerbangan (airport).
5.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat
dirumuskan adalah sebagai beikut :
a.
Waktu berpengaruh terhadap preferensi belanja olnline
tiket pesawat,artinya semakin cepat proses transaksi pembelian tiket
pesawat,maka seseorang akan semakin cenderung atau memiliki preferensi semakin
tinggi untuk membeli tiket pesawat melalui internet.Hal tersebut disebabkan
oleh tingkat kesibukan responden sehingga menjadikan waktu sebagai sumber daya
yang terbatas,jadi responden dengan tingkat kesibukan yang tinggi akan
cenderung memilih proses transaksi yang cepat pada saat membeli tiket pesawat.
b.
Harga tidak berpengaruh terhadap preferensi belanja
online.Hal tersebut disebabkan oleh pengetahuan responden tentang tingkat harga
yang ditawarkan oleh agen perjalanan maupun yang tercantum pada website
maskapai penerbangan.Mereka juga paham kapan harus membeli tiket karena tingkat
harga juga berbeda bila dipesan pada saat “high season” dimana banyak orang
mengadakan perjalanan seperti pada saat tahun baru dan “low season” dimana
hanya sedikit orang yang melakukan perjalanan.
c.
Pelayanan tidak berpengaruh terhadap preferensi
belanja online.Hal tersebut disebabkan oleh responden yang berencana memesan
tiket pesawat tidak merasa bahwa pelayanan adalah hal yang krusial karena pada
saat mereka memesan lewat website mereka hanya bersentuhan dengan tekhnologi
yang dianggap kurang mampu meberikan pelayanan secara interaktif yang sebanding
dengan pertemuan langsung dengan penjual.
d.
Alternatif tidak berpengaruh terhadap preferensi
belanja online.
e.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel waktu yang
berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap preferensi belanja.
Related Posts :
- Back to Home »
- makalah , manajemen , penerbangan »
- SISTEM INFORMASI MANAJEMEN E-TICKETING