Posted by : M ULUL AZMI UMAM
Monday, 10 July 2017
Kata Pengantar
Segala puji dan syukur hanyalah milik
Allah SWT yang telah melimpahkan ilmu
luas lagi bermanfaat kepada penulis, Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah,
keluarganya beserta para sahabatnya.
Penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok Laporan Studi ekskursi (SE). Dalam memenuhi persyaratan tersebut,
penulis mencoba membuat makalah tentang “BANDARA ADI SUMARMO”.
Dalam
menyusun makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari
teman-teman dan ibu/Bpk
dosen yang memberikan tugas mengenai laporan
studi ekskursi ini.
Senin , 30-04-2012
DAFTAR ISI
A.
Cover Makalah....................................................................................................................
B.
Kata Pengantar .................................................................................................................. i
C.
Daftar isi ........................................................................................................................... ii
D.
Bab I Pendahuluan....................................................................................................
1.
Latar Belakang Studi Ekskursi..............................................................................
2. Maksud Dan Tujuan Penulisan
Laporan................................................................
3. Manfaat Studi
Ekskursi..........................................................................................
E.
Bab II Profil Instansi.................................................................................................. ....... 2
1.
Sejarah........................................................................................................................... 2
2. Visi Misi ................................................................................................................
3. Lokasi/Alamat .............................................................................................................. 2
4. Struktur Organisasi........................................................................................................ 2
F.
Bab III hasil pengamatan................................................................................................... 2
G.Bab
IV
pembahasan....................................................................................................
1. Analisis Lingkungan Eksternal Instansi ....................................................................... 2
2. Analisis SWOT......................................................................................................
3. Analisis Grans Strategy (IFAS dan EFAS)...........................................................
4. Alternatif
Strategi...................................................................................................
H.
Bab V Penutup..........................................................................................................
3
1. Kesimpulan.................................................................................................................... 3
2. Saran......................................................................................................................
I. Lampiran...................................................................................................................
1. Galeri Foto Instansi.................................................................................................... 4-5
2.
Galeri Foto
Kelompok............................................................................................
3. Biodata Anggota Kelompok..................................................................................
BAB 11
PROFIL INSTANSI
1.
Sejarah
Bandara Adi Sumarmo
Berdasarkan sejarah, Bandara Adi Sumarmo
Surakarta dibangun pada zaman penjajahan Pemerintah Belanda pada tahun 1940
digunakan untuk lapangan terbang darurat. Dengan masuknya bala tentara Jepang,
lapangan terbang tersebut dihancurkan oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1942
dibangun kembali oleh Pemerintah Jepang yang digunakan untuk basis militer
penerbangan Angkatan Laut (Kaigun-Bokusha).
Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI pada
tanggal 17 agustus 1945, kesanggupan dan kemampuan menyelenggarakan penerbangan
dimanifestasikan dalam bentuk organisasi yang dinamakan ”Penerbangan Surakarta”
yang diresmikan pada tanggal 6 februari 1945 selanjutnya pada bulan mei 1946 dari “Penerbangan Surakarta”
berubah nama menjadi “pangkalan udara panasan” dimana kegiatan penerbangan
hanya diperuntukan bagi penerbangan militer.
Menjelang Konverensi PATA pada tahun
1974 fasilitas pelabuhan udara keselamatan penerbangan ditingkatkan sehingga
dapat dimanfaatkan untuk melayani penerbangan komersial di samping militer.
Penerbangan komersial secara teratur resmi dibuka sejak 23 april 1974 dan
dilayani oleh perusahaan PT. Garuda Indonesia denganm route
Jakarta-Solo-Jakarta 3 kali seminggu.
Dasar penggunaan bersama Pangkalan Udara
Panasan diatur dalam suatu SKB MENHANKAM, MENHUP, dan MENKEU NO:
KEP/30/IX/1975; KM.393/S/PHB-1975; KEP. 927A/KM/IV/8/197 tanggal 21 agustus
1975. Pengunaan sebagian areal tanah
Pangkalan TNI-AU Adi Sumarmo Surakarta untuk pengembangan / pembangunan Bandara
beserta fasilitasnya telah ditetapkan / diatur MOU / surat Persetujuan Bersama
antara Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara dengan Derektorat
Jenderal Perhubungan Udara.
Berdasarkan Surat Keputusan KSAU No.
SKEP/O7/VII/1979 tanggal 25 juli 1979 Pangkalan Udara Utama / Lamuna Panasan
diubah namanya menjadi Pangkalan Udara Utama / Lanuma Adi Sumarmo, nama ini
diambil guna menghormati jasa-jasa dari pahlawan bangsa Almarhum Kapten Udara
Anumerta Adi Sumarmo Wiryo Kuesuemo.
2. Visi dan Misi
Adapun
Visi dan Misi Bandar Udara Adi Soemarmo yang dikelolah dan dioperasikan oleh
PT ( Persero ) Angkasa Pura yaitu
:
Visi
:
a.
Menjadi perusahaan yang
dapat diandalkan oleh perusahaan penerbangan, pemerintah, mitra kerja, pemegang
saham masyarakat dan karyawan sejajar dengan perusahaan sejenis dikawasan asia
pasifik.
b.
Menjadi perusahaan yang
efisien proaktif, mengandalkan system prosedur, serta selalu komit terhadap
kualitas pelayanan.
Misi :
a.
PT (Persero) Angkasa
Pura adalah perusahaan penyelenggara fasilitas bandara jasa property, serta
konsultasi kebandarudaraan yang dapat diandalkan di kawasan asia pasifik.
b.
PT (Persero) Angkasa
pura juga menciptakan standar efisiensi yang menjadi ukuranyanan dengan
kualitas tinggi kepada perusahaan bagi perusahaan sejenis di Indonesia dan
memberikan pelayanan dengan kualitas tinggi kepada perusahaan
penerbangan,penumpang,mitra kerja dan masyarakat pengguna jasa lainnya
c.
PT (Persero) Angkasa
pura menjalankan usaha dan komitmen untuk tumbuh secara wajar dengan tetap
berusaha menjadi partner pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional,tanggap
terhadap lingkungan bandara,dan menjadikan karyawan sebagai asset perusahaan
yang dapat mengembangkan kompetensi di bidang kebandrudaraan
3.
ALAMAT
4.
Sruktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan gambaran
dari garis tanggung jawab dan wewenang dari para pelaku organisasi tersebut.
Pada PT. (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta struktur
organisasi disusun berdasarkan identifikasi terhadap efisiensi dan efektifitas
pelaksanaan pekerjaan secara keseluruhan.
Struktur Organisasi
Kantor Cabang
PT. (Persero) Angkasa Pura I
Bandar
Udara Adi Sumarmo Surakarta
BAB III
HASIL PENGAMATAN
Kota Solo
memiliki satu buah bandar udara internasional, yakni Bandara Adi Sumarmo (SOC)
yang terletak di Kabupaten Boyolali, berjarak 14 Km dari pusat Kota Solo.
Selain melayani penerbangan komersil, bandara ini juga difungsikan sebagai
pangkalan TNI AU. Adapun untuk pengelolaan bandara diserahkan kepada PT.
Angkasa Pura I. Sejumlah maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain
Garuda Indonesia (Jakarta), Sriwijaya Air (Jakarta), Lion Air (Jakarta),
Batavia Air (Jakarta), Sky Aviation (Surabaya, Bandung), Silk Air (Singapura),
dan Air Asia (Kuala Lumpur). Bandara ini juga melayani penerbangan jamaah haji
karena Solo menjadi kota embarkasi haji untuk wilayah Propinsi Jawa Tengah dan
Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara Adi Sumarmo memiliki empat buah terminal,
terdiri dari dua buah terminal penumpang dan dua buah terminal kargo. Selain
itu, bandara ini juga memiliki 11 lapangan parkir pesawat terbang. Untuk
layanan kargo, fasilitas yang diberikan berupa kawasan berikat, tempat
karantina hewan, fasilitas kesehatan, peralatan sinar X, GPU, kursi roda, dan
sabuk berjalan kargo. Fasilitas umum yang tersedia di bandara ini antara lain
berupa bank dan telepon.
BAB IV
PEMBAHASAN
1. ANALISIS
LINGKUNGAN EKSTERNAL
2. ANALISIS
SWOT BANDARA INTERNASIONAL ADI SUMARMO
A. STRENGTH
(kekuatan)
v Mempunyai
fasilitas-faslitas yang cukup memadai
v Lingkungan
bandara yang luas, nyaman, rapi dan bersih
v Para
karyawan yang sangat ramah
v Selain
melayani penerbangan lokal, bandara adi sumarmo juga malayani pnerbangan
internasional.
v Market
share yang relatif besar / dominan
v Reputasi
yang baik
v Mempunyai karyawan yang mempunyai Skill / kemampuan /
spealisasi pada masing-masing bidang
v Jaringan
sosialisasi / informasi yang luas
v Menjadi
juara 1 di angkasa pura 1 dalam kategori bandara yang bersih, aman, nyaman dan
pelayanan yang baik di banding dengan bandara-bandara lain yang ada di angkas
pura 1.
B. WEAKNESS
(kelemahan)
Ø Alat
operasional kurang lengkap
Ø Harga
tiket yang kurang kompetitif
Ø .
Ø .
C. OPPORTUNITY
(peluang)
Ø Kondisi perekonomian yang
membaik sehingga meningkatkan pelayanan penerbangan
pada masyarakat
Ø Adanya permintaan atau
kebutuhan tertentu yang selama ini belum dilayani oleh produk / perusahaan lain
Ø Teknologi baru yang
memungkinkan produksi / distribusi menjadi lebih efisien yang dapat meningkatkan
kualitas pelayanan / jasa
Ø Peraturan pemerintah yang mendukung
Ø Banyak
tourist / wisatawan luar negri yang berkunjung / berlibur ke solo / surakarta
D. THREAT
(tantangan)
Ø Pesaing yang semakin gencar
Ø Munculnya produk substitusi / pengganti
Ø Konsumen mengurangi daya beli
/ jasa
Ø Peraturan pemerintah
3. ANALISIS IFAS
( INTERNAL FACTOR ANALISIS STRATEGY )
Faktor internal
1.
Kekuatan
1.1 Pemasaran
a) Memiliki
peluang pasar yang besar dibanding para
pesaing
b) Reputasi
yang baik dan perusahaan yang terkenal
c) Mempunyai
pelanggan besar yang loyal dng penjualan jk.panjang
d) Profitability
yang sangat berpotensi
e) Sangat
berpengalaman dalam pemasaran
1.2
Pelayanan
a) Mempunyai
kapasitas produk terbesar di Indonesia
b)
Pengendalian produk
dengan sistem
c) Fasilitas
produk mempunyai fleksibilitas kapasitas
1.3
Keuangan
a) Sistem
informasi lebih cepat
b) Struktur
modal, biaya penyusutan rendah.
c) Sebagian
hasil penjualan dari ekspor akan meningkatan pendapatan
d) Ratio
hutang dan modal cukup baik.
1.4 Sumber Daya Manusia
Dan Organisasi
a) Karyawan
yang berdedikasi untuk dikembangkan mencapai produktivitas dan kinerja yang
lebih baik
b) Tingkat
keahlian dan kemampuan karyawan cukup baik
c) Sistem
pengendalian organisasi sudah terbentuk.
1.5 Teknologi Informasi
a) mempunyai
kemampuan untuk mengembangkan teknologi informasi yang mengarah kepada
E-Business
faktor
internal
2.
Kelemahan
2.1. Pemasaran
a.
Sering terjadi komplain
karena kualitas
Related Posts :
- Back to Home »
- makalah , manajemen , penerbangan »
- LAPORAN STUDY EKSKURSI BANDARA ADI SOEMARMO (SOC)