Posted by : M ULUL AZMI UMAM Monday 10 July 2017


Kata Pengantar
Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah SWT yang telah melimpahkan ilmu luas lagi bermanfaat kepada penulis, Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya beserta para sahabatnya.
            Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok Laporan Studi ekskursi (SE). Dalam memenuhi persyaratan tersebut, penulis mencoba membuat makalah tentang “BANDARA ADI SUMARMO”.
            Dalam menyusun makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman dan ibu/Bpk dosen yang memberikan tugas mengenai laporan studi ekskursi ini.
             
             









Senin , 30-04-2012






DAFTAR ISI
A. Cover Makalah....................................................................................................................
B. Kata Pengantar .................................................................................................................. i
C. Daftar isi ........................................................................................................................... ii
D. Bab I Pendahuluan....................................................................................................
   1. Latar Belakang Studi Ekskursi..............................................................................
   2. Maksud Dan Tujuan Penulisan Laporan................................................................
   3. Manfaat Studi Ekskursi..........................................................................................    
E. Bab II Profil Instansi.................................................................................................. ....... 2
1. Sejarah........................................................................................................................... 2
2. Visi Misi ................................................................................................................
3. Lokasi/Alamat .............................................................................................................. 2
     4. Struktur Organisasi........................................................................................................ 2
F. Bab III hasil pengamatan................................................................................................... 2
G.Bab IV pembahasan....................................................................................................
     1. Analisis Lingkungan Eksternal Instansi ....................................................................... 2
     2. Analisis SWOT......................................................................................................
     3. Analisis Grans Strategy (IFAS dan EFAS)...........................................................
     4. Alternatif Strategi...................................................................................................
H. Bab V Penutup..........................................................................................................        3
     1. Kesimpulan.................................................................................................................... 3
     2. Saran......................................................................................................................
I.   Lampiran...................................................................................................................
     1. Galeri Foto Instansi.................................................................................................... 4-5
2. Galeri Foto Kelompok............................................................................................
     3. Biodata Anggota Kelompok..................................................................................

BAB 11
PROFIL INSTANSI
1.      Sejarah Bandara Adi Sumarmo
Berdasarkan sejarah, Bandara Adi Sumarmo Surakarta dibangun pada zaman penjajahan Pemerintah Belanda pada tahun 1940 digunakan untuk lapangan terbang darurat. Dengan masuknya bala tentara Jepang, lapangan terbang tersebut dihancurkan oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1942 dibangun kembali oleh Pemerintah Jepang yang digunakan untuk basis militer penerbangan Angkatan Laut (Kaigun-Bokusha).
Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 agustus 1945, kesanggupan dan kemampuan menyelenggarakan penerbangan dimanifestasikan dalam bentuk organisasi yang dinamakan ”Penerbangan Surakarta” yang diresmikan pada tanggal 6 februari 1945 selanjutnya pada  bulan mei 1946 dari “Penerbangan Surakarta” berubah nama menjadi “pangkalan udara panasan” dimana kegiatan penerbangan hanya diperuntukan bagi penerbangan militer.
Menjelang Konverensi PATA pada tahun 1974 fasilitas pelabuhan udara keselamatan penerbangan ditingkatkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk melayani penerbangan komersial di samping militer. Penerbangan komersial secara teratur resmi dibuka sejak 23 april 1974 dan dilayani oleh perusahaan PT. Garuda Indonesia denganm route Jakarta-Solo-Jakarta 3 kali seminggu.
Dasar penggunaan bersama Pangkalan Udara Panasan diatur dalam suatu SKB MENHANKAM, MENHUP, dan MENKEU NO: KEP/30/IX/1975; KM.393/S/PHB-1975; KEP. 927A/KM/IV/8/197 tanggal 21 agustus 1975. Pengunaan  sebagian areal tanah Pangkalan TNI-AU Adi Sumarmo Surakarta untuk pengembangan / pembangunan Bandara beserta fasilitasnya telah ditetapkan / diatur MOU / surat Persetujuan Bersama antara Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara dengan Derektorat Jenderal  Perhubungan Udara.
            Berdasarkan Surat Keputusan KSAU No. SKEP/O7/VII/1979 tanggal 25 juli 1979 Pangkalan Udara Utama / Lamuna Panasan diubah namanya menjadi Pangkalan Udara Utama / Lanuma Adi Sumarmo, nama ini diambil guna menghormati jasa-jasa dari pahlawan bangsa Almarhum Kapten Udara Anumerta Adi Sumarmo  Wiryo Kuesuemo.

2. Visi dan Misi
Adapun Visi dan Misi Bandar Udara Adi Soemarmo yang dikelolah dan dioperasikan  oleh  PT ( Persero ) Angkasa Pura  yaitu :
Visi :
a.         Menjadi perusahaan yang dapat diandalkan oleh perusahaan penerbangan, pemerintah, mitra kerja, pemegang saham masyarakat dan karyawan sejajar dengan perusahaan sejenis dikawasan asia pasifik.
b.        Menjadi perusahaan yang efisien proaktif, mengandalkan system prosedur, serta selalu komit terhadap kualitas pelayanan.
Misi :
a.         PT (Persero) Angkasa Pura adalah perusahaan penyelenggara fasilitas bandara jasa property, serta konsultasi kebandarudaraan yang dapat diandalkan di kawasan asia pasifik.
b.        PT (Persero) Angkasa pura juga menciptakan standar efisiensi yang menjadi ukuranyanan dengan kualitas tinggi kepada perusahaan bagi perusahaan sejenis di Indonesia dan memberikan pelayanan dengan kualitas tinggi kepada perusahaan penerbangan,penumpang,mitra kerja dan masyarakat pengguna jasa lainnya
c.         PT (Persero) Angkasa pura menjalankan usaha dan komitmen untuk tumbuh secara wajar dengan tetap berusaha menjadi partner pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional,tanggap terhadap lingkungan bandara,dan menjadikan karyawan sebagai asset perusahaan yang dapat mengembangkan kompetensi di bidang kebandrudaraan












3.      ALAMAT































4.      Sruktur  Organisasi
Struktur organisasi merupakan gambaran dari garis tanggung jawab dan wewenang dari para pelaku organisasi tersebut. Pada PT. (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta struktur organisasi disusun berdasarkan identifikasi terhadap efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pekerjaan secara keseluruhan.
Struktur Organisasi
Kantor Cabang PT. (Persero) Angkasa Pura I
Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta


 

























BAB III
HASIL PENGAMATAN
Kota Solo memiliki satu buah bandar udara internasional, yakni Bandara Adi Sumarmo (SOC) yang terletak di Kabupaten Boyolali, berjarak 14 Km dari pusat Kota Solo. Selain melayani penerbangan komersil, bandara ini juga difungsikan sebagai pangkalan TNI AU. Adapun untuk pengelolaan bandara diserahkan kepada PT. Angkasa Pura I. Sejumlah maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain Garuda Indonesia (Jakarta), Sriwijaya Air (Jakarta), Lion Air (Jakarta), Batavia Air (Jakarta), Sky Aviation (Surabaya, Bandung), Silk Air (Singapura), dan Air Asia (Kuala Lumpur). Bandara ini juga melayani penerbangan jamaah haji karena Solo menjadi kota embarkasi haji untuk wilayah Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara Adi Sumarmo memiliki empat buah terminal, terdiri dari dua buah terminal penumpang dan dua buah terminal kargo. Selain itu, bandara ini juga memiliki 11 lapangan parkir pesawat terbang. Untuk layanan kargo, fasilitas yang diberikan berupa kawasan berikat, tempat karantina hewan, fasilitas kesehatan, peralatan sinar X, GPU, kursi roda, dan sabuk berjalan kargo. Fasilitas umum yang tersedia di bandara ini antara lain berupa bank dan telepon.

















BAB IV
PEMBAHASAN
1.      ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL


2.      ANALISIS SWOT BANDARA INTERNASIONAL ADI SUMARMO
A.    STRENGTH (kekuatan)
v  Mempunyai fasilitas-faslitas yang cukup memadai
v  Lingkungan bandara yang luas, nyaman, rapi dan bersih
v  Para karyawan yang sangat ramah
v  Selain melayani penerbangan lokal, bandara adi sumarmo juga malayani pnerbangan internasional.
v  Market share yang relatif besar / dominan
v  Reputasi yang baik
v  Mempunyai  karyawan yang mempunyai Skill / kemampuan / spealisasi pada masing-masing bidang
v  Jaringan sosialisasi / informasi yang luas
v  Menjadi juara 1 di angkasa pura 1 dalam kategori bandara yang bersih, aman, nyaman dan pelayanan yang baik di banding dengan bandara-bandara lain yang ada di angkas pura 1.

B.     WEAKNESS (kelemahan)
Ø  Alat operasional kurang lengkap
Ø  Harga tiket yang kurang kompetitif
Ø  .
Ø  .

C.     OPPORTUNITY (peluang)
Ø  Kondisi perekonomian yang membaik sehingga meningkatkan pelayanan penerbangan pada masyarakat
Ø  Adanya permintaan atau kebutuhan tertentu yang selama ini belum dilayani oleh produk / perusahaan lain
Ø  Teknologi baru yang memungkinkan produksi / distribusi menjadi lebih efisien yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan / jasa
Ø  Peraturan pemerintah yang mendukung
Ø  Banyak tourist / wisatawan luar negri yang berkunjung / berlibur ke solo / surakarta

D.    THREAT (tantangan)
Ø  Pesaing yang semakin gencar
Ø  Munculnya produk substitusi / pengganti
Ø  Konsumen mengurangi daya beli / jasa
Ø  Peraturan pemerintah

3.      ANALISIS IFAS ( INTERNAL FACTOR ANALISIS STRATEGY )
*    Faktor internal
1.      Kekuatan
1.1 Pemasaran
a)    Memiliki peluang pasar  yang besar dibanding para pesaing
b)   Reputasi yang baik dan perusahaan yang terkenal
c)    Mempunyai pelanggan besar yang loyal dng penjualan jk.panjang
d)   Profitability yang sangat berpotensi
e)    Sangat berpengalaman dalam pemasaran
1.2  Pelayanan
a)    Mempunyai kapasitas produk terbesar di Indonesia
b)             Pengendalian produk dengan sistem
c)    Fasilitas produk mempunyai fleksibilitas kapasitas
1.3  Keuangan
a)    Sistem informasi lebih cepat
b)   Struktur modal, biaya penyusutan rendah.
c)    Sebagian hasil penjualan dari ekspor akan meningkatan pendapatan
d)   Ratio hutang dan modal cukup baik.
1.4 Sumber Daya Manusia Dan Organisasi
a)    Karyawan yang berdedikasi untuk dikembangkan mencapai produktivitas dan kinerja yang lebih baik
b)   Tingkat keahlian dan kemampuan karyawan cukup baik
c)    Sistem pengendalian organisasi sudah terbentuk.

1.5 Teknologi Informasi
a)    mempunyai kemampuan untuk mengembangkan teknologi informasi yang mengarah kepada E-Business

*        faktor internal
2.      Kelemahan
2.1. Pemasaran
a.      Sering terjadi komplain karena kualitas







Leave a Reply

Best wishes !!
Thank you for your visit.!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

CARI DISINI

myAds1

Popular Post

Blogger templates

cbox

close

Blogroll

Comments
Comments
Blogger Widgets

bunnga

ARTIKEL

Arsip Blog

Blogger templates

CARI DI SINI

Blog Archive

Powered by Blogger.

About

Blogroll

- Copyright © umam bakry -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -