Posted by : M ULUL AZMI UMAM Monday 15 October 2018


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 13.000 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke (2010). Banyaknya pulau yang dimiliki, maka masyarakat Indonesia memerlukan moda transportasi yang cepat, aman dan efisien. Berdasarkan data dari ADB, pada tahun 2011 pendapatan perkapita penduduk Indonesia menembus hingga US $ 3500 dan akan bertambah menjadi US $ 5000 pada tahun 2013. Peningkatan pendapatan perkapita ini tentunya didukung oleh kondisi politik yang stabil dan kegiatan ekonomi yang makin menggeliat. Dengan GDP sebesar USD 834 miliar, maka hal ini merupakan angin segar bagi perindustrian penerbangan nasional
. Merpati Nusantara Airlines atau selanjutnya dikenal dengan  nama Merpati Nusantara dengan kode penerbangan MZ adalah salah satu perusahaan penerbangan nasional. Pernah beberapa tahun yang lalu menerbangkan rute-rute regional Asia Tenggara dan Australia
Sebagai perusahaan yang sudah dipercaya oleh para customer  penerbangan di Indonesia PT. Merpati Nusantara Airline akan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap calon penumpangnya mulai dari proses preflight ,inflight hingga proses postflight. Khususnya dalam proses pelayanan ticketing and reservation karena akan membentuk image  perusahaan yang baik bagi calon penumpangnya sehingga para penumpang tersebut puas.
Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines sendiri memiliki SOP ( Standard Operation Procedure ) untuk proses pemesanan tiket untuk memudahkan calon penumpang yang akan melakukan reservasi tiket dan dalam menentukan itinerarynya.
Prosedur pemesanan tiket pada maskapai Merpati Nusantara Airlines adalah melalui reservasi terlebih dahulu. Pemesanan tiket pesawat dapat melalui agen, Call Center, Web Booking maupun kantor cabang maskapai yang terdapat di kota perwakilan terdekat. Di dalam proses reservasi, calon penumpang dapat memesan beberapa hal, seperti tempat seat serta request meal.
Proses reservasi calon penumpang yang sudah memesan tiket dan telah mengisi data Pax seperti nama calon penumpang yang akan terbang, nomer telepon yang bisa dihubungi, maka calon penumpang tersebut akan mendapatkan Booking Code atau kode booking yang berlaku untuk satu kali penerbangan dan sebagai tanda validasi tiket yang telah dipesan / dibeli.
Melihat pentingnya pelayanan konsumen didalam proses pre-flight service, salah satunya melalui proses city check-in yang merupakan layanan bagi calon penumpang yang ketika melakukan check-in yang tidak membawa bagasi.
Prakteknya  seringkali terjadi No Show  padahal calon penumpang sudah melakukan City check-in dan telah melakukan  Check-in ulang di airport. Oleh karena itu segera dilakukan penelitian tentang factor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses city check-in terhadap penumpang No show rute Jogjakarta – Makassar periode Maret – Mei 2013.

1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada latar belakang masalah di atas maka masalah yang akan  dibahas dalam penelitian ini adalah  sebagai berikut:
1.      Hal-hal  apa saja yang menjadi penyebab penumpang No Show ketika proses  Check In sebelum melakukan Boarding .  
2.      Apa pengaruh City Check In terhadap penumpang No Show Rute Jogjakarta-Makassar pada bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2013.
3.      Bagaimana penanganan  status tiket bagi penumpang yang No show.

1.3  Batasan Masalah
Penelitian ini penulis membatasi permasalahan yang akan dikaji sebagai berikut :
1.    Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh City Check-in terhadap  penumpang No Show  periode Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2013
2.  Data penumpang No Show diambil dari penumpang pada PT Merpati Nusantara Airline Distrik Yogyakarta periode bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2013.
 3.  Data penumpang diambil dari data traffic PT Merpati Nusantara Airline  Rute Jogjakarta - Makassar periode Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2013  berdasarkan kelas ekonomi (Y) dan kelas bisnis (C)

1.4  Keaslian Penelitian
Penelitian tentang dunia penerbangan telah banyak dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh Zainudin (2010) mengulas tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk melakukan proses city check-in pada maskapai Garuda Indonesia, yang mengatakan bahwa city check-in­ dapat memperpendek durasi antrian di bandara untuk penumpang yang tidak membawa bagasi dan untuk penumpang yang membawa bagasi dapat melakukan check-in  ulang sesuai prosedur yang berlaku.
Menurut Sibuea (2013), penyebab terjadinya penumpang No show­ yang sudah melakukan city check in adalah kurang pedulinya para calon penumpang tersebut terhadap  time boardingnya. Karena merasa sudah melakukan city check in, penumpang merasa tidak terburu-buru untuk datang menuju bandara. Tidak munculnya penumpang yang telah mempunyai tiket hingga pesawat melakukan push back itulah yang dinamakan penumpang no show.
Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya karena data yang digunakan adalah data dari Maskapai Merpati Nusantara Airline dengan menggunakan rute penerbangan Jogjakarta-Makasar periode Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2013. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengaruh city check-in terhadap penumpang No show perusahaan pada Maskapai Merpati Nusantara Airline Distrik Yogyakarta rute Jogjakarta-Makasar periode Maret sampai dengan Mei 2013..

1.5  Tujuan Penelitian
Peneltian ini mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.      Mengetahui apakah ada pengaruh antara city check-in dengan penumpang no show maskapai Merpati Nusantara Airlines rute Jogjakarta – Makassar periode Maret – Mei 2013.
2.      Mengetahui besarnya pengaruh city check-in terhadap penumpang no show maskapai Merpati Nusantara Airlines rute Jogjakarta – Makassar periode Maret – Mei 2013.
3.      Mengetahui cara menangani status tiket bagi penumpang no show tersebut.

1.6  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian yang penulis laksanakan ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagi Peneliti
     Manfaat dari penelitian ini adalah penulis dapat mempraktekkan teori yang telah didapatkan selama mengikuti perkuliahan. Dalam penelitian ini penulis dapat melihat, mengamati, mengetahui dan mempraktekkan secara langsung teori yang didapat selama perkuliahan.

2.    Bagi Perusahan
Penelitian tugas akhir ini dapat menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam peningkatan kualitas dan mutu dalam pelayanan reservasi dan check-in penumpang demi kemajuan perusahaan.

3.    Bagi Lembaga
Penelitian ini bisa digunakan sebagai tambahan pustaka yang nantinya dapat berguna bagi Taruna/i yang akan melakukan penelitian lebih lanjut atau dapat juga dijadikan sebagai bahan perbandingan atau referensi bagi peneliti selanjutnya.

1.7  Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, pembatasan masalah, keaslian penelitian, manfaat penelitian, tujuan penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tinjauan pustaka yang menjelaskan tentang beberapa peneliti terdahulu sedangkan untuk landasan teori yang digunakan beberapa mata kuliah pendukung seperti service excellent dan ticketing and reservation.


BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menguraikan tentang metode penelitian yang terdiri atas bahan penelitian, alat penelitian serta langkah penelitian,metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.
BAB VI ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini merupakan analisis dan pembahasan mengenai data yang diperoleh dan hasil analisis data dan pengujian hipotesis mengenai pengaruh city check-in terhadap penumpang no show Maskapai Merpati Nusantara Airline rute Jogjakarta - Makasar periode Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2013.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir, yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


Leave a Reply

Best wishes !!
Thank you for your visit.!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

CARI DISINI

myAds1

Popular Post

Blogger templates

cbox

close

Blogroll

Comments
Comments
Blogger Widgets

bunnga

ARTIKEL

Arsip Blog

Blogger templates

CARI DI SINI

Blog Archive

Powered by Blogger.

About

Blogroll

- Copyright © umam bakry -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -